Santri Tahfidz Askar Kauny Gelar Quranic Psikososial untuk Pengungsi Semeru

Image
Hafidz Muftisany
Info Terkini | Monday, 13 Dec 2021, 11:05 WIB

LUMAJANG -- Santri penghafal Alquran Askar Kauny ikut terjun ke wilayah Semeru guna memberikan layanan psikososial bagi pengungsi.

Mereka adalah Mereka adalah Abdul Rasyid (hafalan 14 juz), Muhammad Faqihul Ilmi (hafalan 7 juz), dan Irham Mauludi (hafalan 30 juz dan sudah syahadah Metode Kauny dengan nilai Jayyid Jiddan) yang langsung terjun ke Pos Pengungsi Lapangan Penanggal, Candipuro, Lumajang.

Tiga santri ini seharusnya tengah berlibur semester dan pulang ke rumah masing-masing. Tapi ketiga justru berangkat ke wilayah Semeru untuk mendampingi pengungsi memulihkan kondisi mental dan spiritual.

Direktur Program Askar Kauny Hilal Achmad mengatakan, tujuan para santri terjun langsung ke lapangan adalah untuk memberikan Quranic Psikososial bagi pengungsi yang beragama Islam.

"Trauma healing kepada para pengungsi terutama anak-anak agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, diharapkan para santri bisa menjadi imam sekaligus khatib shalat Jum'at di pengungsian," terang Hilal dalam keterangannya, Senin (13/12/2021).

Hilal menyebut, ketiga santri tangguh yang hafalan Al-Qur'annya telah mumpuni ini insyaAllah juga akan mengajarkan anak-anak mengaji dan menghafal Al-Qur'an.

"Rencananya para santri akan terus menemani anak-anak para penyintas erupsi Semeru dalam 14 hari ke depan," ujar dia.

"Kehilangan besar memang dirasakan oleh para korban Erupsi Semeru. Ribuan rumah dan fasilitas rusak, ribuan ternak juga terkena imbasnya. Saat ini para korban tak memiliki apapun selain diri mereka sendiri. Maka satu-satunya obat yang mampu mengobati luka akibat sakit maupun kehilangan ialah Alquran," imbuh Hilal.

Tak hanya di Candipuro, rangkaian program guru ngaji juga digalakkan tim Askar Kauny di beberapa titik lokasi pengungsian lainnya. Diantaranya di Pronojiwo, Lumajang, Jatim yang juga merupakan lokasi salah satu posko 1 dapur umum Askar Kauny, di Rumah Tahfizh ini akan dipimpin oleh Ustadz Sugiono.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Image

Apa sih itu Kebidanan? Apakah Bidan Berperan dalam Komsel kepada Pasien

Image

Bersama AFKSI, FK UMP Gelar Webinar Penanganan Stunting

Image

Sisfo Salurkan Bansos Korban Longsor Parangloe

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image