Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hafidz Muftisany

Santri Tahfidz Askar Kauny Gelar Quranic Psikososial untuk Pengungsi Semeru

Info Terkini | Monday, 13 Dec 2021, 11:05 WIB

LUMAJANG -- Santri penghafal Alquran Askar Kauny ikut terjun ke wilayah Semeru guna memberikan layanan psikososial bagi pengungsi.

Mereka adalah Mereka adalah Abdul Rasyid (hafalan 14 juz), Muhammad Faqihul Ilmi (hafalan 7 juz), dan Irham Mauludi (hafalan 30 juz dan sudah syahadah Metode Kauny dengan nilai Jayyid Jiddan) yang langsung terjun ke Pos Pengungsi Lapangan Penanggal, Candipuro, Lumajang.

Tiga santri ini seharusnya tengah berlibur semester dan pulang ke rumah masing-masing. Tapi ketiga justru berangkat ke wilayah Semeru untuk mendampingi pengungsi memulihkan kondisi mental dan spiritual.

Direktur Program Askar Kauny Hilal Achmad mengatakan, tujuan para santri terjun langsung ke lapangan adalah untuk memberikan Quranic Psikososial bagi pengungsi yang beragama Islam.

"Trauma healing kepada para pengungsi terutama anak-anak agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, diharapkan para santri bisa menjadi imam sekaligus khatib shalat Jum'at di pengungsian," terang Hilal dalam keterangannya, Senin (13/12/2021).

Hilal menyebut, ketiga santri tangguh yang hafalan Al-Qur'annya telah mumpuni ini insyaAllah juga akan mengajarkan anak-anak mengaji dan menghafal Al-Qur'an.

"Rencananya para santri akan terus menemani anak-anak para penyintas erupsi Semeru dalam 14 hari ke depan," ujar dia.

"Kehilangan besar memang dirasakan oleh para korban Erupsi Semeru. Ribuan rumah dan fasilitas rusak, ribuan ternak juga terkena imbasnya. Saat ini para korban tak memiliki apapun selain diri mereka sendiri. Maka satu-satunya obat yang mampu mengobati luka akibat sakit maupun kehilangan ialah Alquran," imbuh Hilal.

Tak hanya di Candipuro, rangkaian program guru ngaji juga digalakkan tim Askar Kauny di beberapa titik lokasi pengungsian lainnya. Diantaranya di Pronojiwo, Lumajang, Jatim yang juga merupakan lokasi salah satu posko 1 dapur umum Askar Kauny, di Rumah Tahfizh ini akan dipimpin oleh Ustadz Sugiono.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image