Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Sunnah Membaca Shalawat dan Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Agama | Friday, 16 Dec 2022, 11:14 WIB

Bagi umat muslim, hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Karena istimewanya hari Jumat, maka terdapat sunnah untuk mengoptimalkannya. Di antaranya yaitu memperbanyak bacaan shalawat pada malam dan pada hari jumat serta membaca surat Al-Kahfi.

Sunnah Memperbanyak Shalawat

Dari Aus bin Aus r.a., katanya:

“Rasulullah saw. bersabda: 'Harimu yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu pula dicabut rohnya, serta pada waktu itu pula ditiup sangkakala dan dimatikan semua manusia. Karena itu perbanyaklah membaca shalawat atasku, dan bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku'. Para sahabat bertanya: 'Ya Rasulullah, bagaimana caranya bacaan shalawat itu disampaikan kepada Anda, padahal waktu itu jasad Anda telah hancur luluh'? Ujar Nabi saw: 'Sesungguhnya Allah 'azza wajalla telah melarang bumi untuk memakan jasad para Nabi'!" (Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Nasa'i)

Berkata Ibnul Qaiyim: "Memperbanyak bacaan shalawat atas Nabi saw. pada hari dan malam Jumat itu disunatkan berdarkan sabdanya:

'Perbanyaklah membaca shalawat atasku pada hari Jumat dan pada malamnya'! Hal ini tepat sekali, sebab Rasulullah saw adalah penghulu manusia, sedang hari Jumat penghulu seluruh hari. Maka mengucapkan shalawat kepada beliau pada hari itu merupakan suatu keutamaan yang tiada terdapat pada hari-hari lainnya. Di samping itu dapat pula hikmah lainnya, yaitu bahwa semua kebaikan umat Muhammad di dunia dan akhirat itu sebenarnya terletak di tangan beliau, maka dengan perantaraannya Allah mencurahkan kepada umat kebaikan dunia dan akhirat tadi, sedang kemuliaan terbesar yang dapat mereka capai adalah pada hari Jumat itu. Pada hari itulah mereka akan dibangkitkan lalu ditempatkan di gedung-gedung dalam surga, bahkan hari itu pulalah bertambahnya kemuliaan mereka, yakni jika berhasil masuk surga. Hari Jumat juga merupakan hari raya mereka di atas dunia, serta permohonan hari itu akan dikabulkan dan tidak akan ditolak. Semua itu dapat mereka ketahui dan capai, hanyalah dengan sebab pimpinannya, maka sebagai ucapan terima kasih dan sekedar balas budi yang tak berarti terhadap Rasulullah saw. itu, hendaklah kita sekalian memperbanyak bacaan shalawat atasnya pada hari dan malam Jumat itu."

Membaca Surat Kahfi Pada Siang dan Malam Jumat

Pada malam dan siang hari Jumat disunatkan pula membaca surat Al-Kahfi, berdasarkan hadits dari Abu Sa'id al Khudri bahwa Nabi saw. bersabda:

"Barang siapa membaca surat Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan diberi cahaya yang dapat meneranginya di antara kedua Jumat." (Riwayat Nasa'i, Baihaqi dan Hakim)

Juga diterima dari Ibnu 'Umar bahwa Nabi saw. bersabda:

"Barang siapa membaca surat Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antara dua Jumat." (Diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dengan sanad yang tidak bercacat)

Daftar Pustaka: Sabbiq, Sayyid. (1976). Fikih Sunnah 2. Bandung: PT Alma'arif

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image