Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Edukasi Mahasiswa, Institut Daarul Quran gelar Talkshow Pasar Modal

Info Terkini | Thursday, 15 Dec 2022, 14:31 WIB

Rabu (15/12) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Daarul Qur’an Jakarta (Idaqu) menggelar Talkshow Pasar Modal bertajuk “Peluang dan Tantangan Pasar Modal”. Acara yang diadakan di Ruang Rapat Idaqu ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Idaqu, Marzuki, S.Kom., M.MSI. bersama Direktur PT Capital Bridge Sekuritas, Aji Martono S.H.I., CES., CSA., CRA., CRP.

Dalam sambutannya, Warek I Idaqu menyampaikan bahwa mahasiswa harus mengerti tentang pasar modal, sebab pasar modal itu memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Pasar modal juga merupakan salah satu sumber dana bagi perusahaan-perusahaan di luaran sana untuk mengembangkan bisnis dan memperluas usaha, serta memberikan kesempatan bagi investor untuk berinvestasi pada saham perusahaan yang dianggap menguntungkan.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi oleh narasumber, Aji Martono. Dalam penyampaian materinya ia menjelaskan bahwa pasar modal merupakan tempat untuk memperjualbelikan instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, dan derivatif. Pasar modal menawarkan peluang bagi perusahaan untuk mengumpulkan dana dari investor dengan cara menjual saham mereka, serta memberikan kesempatan bagi investor untuk berinvestasi pada saham perusahaan yang dianggap menguntungkan.

Salah satu tantangan dari pasar modal adalah fluktuasi harga saham. Harga saham dapat berubah secara signifikan dalam waktu singkat, sehingga menimbulkan risiko bagi investor. Selain itu, pasar modal juga rentan terhadap risiko keuangan global, seperti krisis ekonomi, inflasi, dan perubahan politik.

Namun, pasar modal juga menawarkan banyak peluang bagi perusahaan dan investor. Bagi perusahaan, pasar modal menyediakan sumber dana yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas usaha. Bagi investor, pasar modal memberikan kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari perubahan harga saham, serta memperdagangkan saham perusahaan yang dianggap menguntungkan.

Selain itu, pasar modal juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan, karena perusahaan yang terdaftar di pasar modal harus memenuhi standar keuangan dan menyampaikan laporan keuangan secara berkala. Ini dapat membuat investor lebih percaya dan meningkatkan minat investasi di pasar modal.

Bisa disimpulkan meskipun ada tantangan dan risiko yang harus dihadapi, pasar modal masih menawarkan banyak peluang bagi perusahaan dan investor. Dengan memahami risiko dan mengambil langkah-langkah yang tepat, perusahaan dan investor dapat memanfaatkan peluang yang ada di pasar modal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image