Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ina Khoirunisa

Teknik 4P Agar Public Speaking Menjadi Lebih Menarik Versi Devon Kei Enzo Si Peraih Medali Olimpiade

Eduaksi | Thursday, 15 Dec 2022, 10:09 WIB

https://www.instagram.com/p/Cf287L9NCvY/?igshid=YmMyMTA2M2Y= (pict. source)

Berbicara tentang public speaking, sebenarnya apa sih pengertian public speaking? Dikutip dari artikel DJKN, Webster’s Third International Dictionary, memiliki dua pengertian mengenai public speaking, yakni “The art of process of making speeches in public” dan “The art of effective oral communication with an audience". Jadi, menurut kamus ini public speaking adalah bagian seni dari proses penyampaian pidato di depan publik dan seni ilmu komunikasi lisan secara efektif dengan melibatkan pendengar (audience). Adapun secara umum pengertian public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi secara lisan untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur dan mempengaruhi, adapun public speaking umumnya dilakukan di depan audience dengan metode dan teknik tertentu. Public speaking merupakan soft skill yang tidak dimiliki oleh setiap orang, akan tetapi dapat dipelajari, diasah kemudian dikuasai oleh semua orang.

Lalu, apa saja yang dapat diperoleh dengan menguasai public speaking? Melalui seminar Investor Of Change yang saya ikuti pada 20 November 2022, salah satu pemateri seminar yakni Dr. Ilyas Indra. S.H.HM.MM mengatakan bahwa ada beberapa hal yang akan didapatkan dengan menguasai public speaking. Adapun hal-hal tersebut yakni, dapat melakukan segala jenis presentasi dengan baik, dapat melakukan lobi atau pendekatan dengan banyak orang dengan mudah, dapat menjadi pebisnis yang handal, mudah membangun networking atau menjalin hubungan baik dengan banyak orang dan dapat menguatkan jiwa leadership atau kepemimpinan dalam diri. Tentu saja semua hal itu dapat diperoleh dengan menguasai metode dan teknik dalam public speaking.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang teknik 4P agar public speaking menjadi lebih menarik versi Devon Kei Enzo. Devon Kei Enzo memiliki saudara perempuan bernama Mischka Aoki, kedua bersaudara tersebut adalah penerima rekor Muri, peraih olimpiade matematika dan sains internasional dan keduanya juga penggemar dunia public speaking. Yuk sama-sama kita simak tekniknya.

Devon mengatakan bahwa makna 4P di sini adalah preparation, practice, presentation dan performance. Pertama adalah preparation atau persiapan, dalam hal ini kenali materi yang akan disampaikan dengan baik, karena ini adalah kunci dari kelancaran public speaking, penting untuk memilih topik yang menarik dan kita kenal dengan baik. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah memahami siapa yang akan menjadi pendengar atau audience kita, lalu fokus pada topik dan pilihan kata yang sesuai dengan pendengar atau audience kita.

Kedua adalah practice atau latihan, seperti pepatah mengatakan "practice makes perfect" jadi, banyak berlatih itu penting. Pada bagian practice, Devon membaginya ke dalam 3 tahap proses latihan, tahap pertama, mengenali topik sebaik mungkin, pelajari topik secara berulang-ulang hingga benar-benar menguasai dan merasa percaya diri, penting untuk percaya diri agar pesan-pesan dalam topik dapat tersampaikan dengan baik. Tahap kedua, jika merasa sudah benar-benar menguasai topik dan percaya diri, maka tambahkan intonasi dalam setiap kalimat. Tahap ketiga, tambahkan gerakan tangan dan bahasa tubuh secukupnya, lalu berlatihlah secara berulang-ulang dengan menggabungkan semua tahapannya.

Ketiga adalah presentation atau presentasi, pada bagian ini, mulai dari kepercayaan diri, tampil rapi dan terlihat bersemangat, pilihan outfit yang sesuai dan tepat hingga persiapan slide presentasi yang menarik dan tidak membosankan merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan. Karena hal-hal tersebut dapat membuat audience menghargai usaha kita untuk menampilkan yang terbaik.

Keempat adalah performance atau penampilan, semua persiapan yang telah disebutkan sebelumnya bergantung pada bagian ini, yakni penampilan yang sesungguhnya. Saat memulai, berikan kontak mata yang baik pada audience, berdiri dengan posisi tegap, jangan terlalu banyak bergerak dan sampaikanlah topik yang telah kita latih dengan sebaik-baiknya. Dalam penyampaian topik jangan bicara terlalu cepat atau terlalu lambat dan jangan lupa untuk berhenti sejenak jika itu dibutuhkan. Yang terakhir, jangan lupa untuk menambahkan kalimat pembuka yang menarik dan kalimat penutup yang berkesan.

Seperti yang telah saya sampaikan di awal, public speaking adalah soft skill yang tidak dimiliki oleh setiap orang, tetapi dengan teknik 4P ini kita bisa mulai untuk melatih kemampuan public speaking kita bahkan bisa membuatnya menjadi lebih menarik. Tidak perlu jungkir balik untuk mendapat perhatian banyak orang, cukup kuasai public speaking dengan baik maka semua perhatian akan tertuju pada kita. Yuk tingkatkan kualitas public speaking kita dan jangan bosan berlatih ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image