Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggun Isnaini

Peran Ekonomi Islam dalam Memajukan Ekonomi Dunia

Ekonomi Syariah | 2022-12-15 01:29:23

Ekonomi Islam di Indonesia pada masa orde baru, sifatnya masih mendua, karena terjadi dua pandangan antara pro dan kontra. Pada saat itu juga, perbankan berbasis Islam agar bisa diterima oleh masyarakat justru tidak memakai istilah Islamic tetapi menggunakan istilah syariah. Karena berpegang teguh pada nilai-nilai dari ekonomi Islam tersebut antara lain kepemilikan, keadilan, kebersamaan atau kerja sama, dan keseimbangan.

Pengembangan ekonomi dan keuangan perbankan syariah sampai saat ini masih tertinggal di sektor visit economics, khususnya Islamic economic development.

Di awal pemaparan, Dia menjelaskan yang ada di awal pidatonya bahwa sebagian besar krisis yang terjadi di dunia disebabkan oleh perbedaan atau konflik kepentingan di antara berbagai pihak. Dia menjelaskan bahwa ekonomi dunia sebenarnya adalah sistem yang saling terkait yang kompleks, sehingga orang harus memperlakukan sistem ini secara keseluruhan dan berinteraksi satu sama lain untuk menghindari krisis atau keruntuhan di masa depan.Ekonomi Islam menganut prinsip komprehensif hukum Syariah. Namun, hukum Islam ini tidak hanya komprehensif tetapi universal. Komprehensif berarti bahwa hukum syariah mencakup semua aspek kehidupan, termasuk ritual (ibadah) dan masyarakat (muamalah). Adapun keuniversalan, artinya hukum syariah dapat diterapkan kapan saja dan di mana saja hingga akhir zaman. Pemuda juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan ekonomi pedesaan

sesuai dengan prinsip Islam. Pelajar dan pemuda berpendidikan tinggi kembali ke desa untuk membangun kembali desanya. Meminjam barang, melakukan kegiatan leasing dengan baik, menjalankan bisnis sesuai syariah, dan berhak mengajak orang lain untuk melakukan transaksi syariah.

Peran ekonomi di sekolah juga merupakan sumber pendidikan yang memungkinkan anak mengembangkan kemampuan kognitif, emosional, dan psikomotoriknya menjadi tenaga kerja yang handal, mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, memiliki etos kerja dan kemampuan hidup hemat.Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia semakin maju dan patut disyukuri serta diapresiasi. Perkembangan ekonomi syariah juga tercermin dalam pendirian Bank Wakaf mikro yang fungsinya memberikan layanan pembiayaan kepada mereka yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal, khususnya di pesantren.

Pengelolaan zakat dan wakaf juga mengalami kemajuan. Pemerintah terus berupaya memperkuat regulasi zakat, seperti pengesahan UU No 13. Keputusan No. 23 Tahun 2011 tentang Penatausahaan Zakat. Tujuan diundangkannya undang-undang ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat bagi kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Dapat kita simpulkan bahwa peran ekonomi islam dalam dunia adalah sebagai penyeimbang antara market and nonmarket mechanise. Bukan hanya itu, ekonomi keuangan menekankan pada kepemilikan dan pembagian resiko dan dengan adanya sistem ekonomi islam dapat di pahami untuk pembangunan desa ini sangatlah baik apabila diterapkan didalam masyarakat desa, sehingga tidak terjadinya penumpukan harta oleh beberapa orang saja melainkan nantinya juga dapat dibagikan kepada masyarakat desa yang lainnya yang membutuhkan dengan sistem zakat, karena zakat ini juga merupakan salah satu prinsip atau kelebihan dalam penerapan sistem ekonomi islam.

Nama : Anggun isnaini

Kelas : R08

NIM :C1F021143

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image