Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image siti wahyuni

Morfologis Akronomisasi

Sastra | Wednesday, 14 Dec 2022, 16:23 WIB

Akromim adalah hasil pemendekan yang berupa kata atau dapat dilafalkan sebagai kata. Wujud pemendekannya dapat berupa pengekalan huruf-huruf pertama,berupa pengekalan suku-suku kata dari gabungan leksem, atau bisa juga secara tak beraturan.

proses morfologis meliputi afiksasi, reduplikasi dan komposisi, masih ada proses lain dalam pembentukan kata bahasa Indonesia. Proses tersebut adalah konversi, akronimisasi dan penyerapan. Dalam makalah ini pemakalah hanya meneliti proses akronomisasi dan pemendekan kata.

Bentuk kaidah proses morfologis :

1.BTW merupakan singkatan dari (By The Way). analisis yang terdapat pada singkatan BTW yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu by, the dan way. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu by/b/ , the /t/, dan way /w/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan BTW yang merupakan singkatan dari by the way.

2. OTW merupakan singkatan dari (On The Way). analisis yang terdapat pada singkatan OTW yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu on, the dan way. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu on /o/ , the /t/, dan way /w/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan OTW yang merupakan singkatan dari on the way.

3. BRB merupakan singkatan dari (Be Right Back). analisis yang terdapat pada singkatan BRB yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu be, right dan back. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu be /b/ , right /r/, dan back /b/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan BRB yang merupakan singkatan dari be right back.

4.FYI merupakan singkatan dari (For Your Information). analisis yang terdapat pada singkatan FYI yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu for, your dan information. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu for /f/ , your /y/, dan information /i/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan FYI yang merupakan singkatan dari for your information.

5. GWS merupakan singkatan dari (Get Well Soon). analisis yang terdapat pada singkatan GWS yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu get, well dan soon. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu get /g/ , well /w/, dan soon /s/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan GWS yang merupakan singkatan dari get well soon.

6. GPL merupakan singkatan dari (Gak Pake Lama). analisis yang terdapat pada singkatan GPL yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu gak, pake dan lama. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu gak/g/ , pake /p/, dan lama /l/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan GPL yang merupakan singkatan dari gak pake lama.

7.LOL merupakan singkatan dari (Laugh Out Loud). analisis yang terdapat pada singkatan LOL yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu laugh, out dan loud. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu laugh /l/ , out /o/, dan loud/l/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan LOL yang merupakan singkatan dari laugh out loud.

8. AFK merupakan singkatan dari (Away From Keyboard). analisis yang terdapat pada singkatan AFK yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu away, from dan keyboard. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu away /a/ , from /f/, dan keyboard /k/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan AFK yang merupakan singkatan dari away from keyboard.

9. BAE merupakan singkatan dari (Before Anyone Else). analisis yang terdapat pada singkatan BAE yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu before, anyone dan else. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu before /b/ , anyone /a/, dan else /e/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan BAE yang merupakan singkatan dari before anyone else

10.PAP merupakan singkatan dari (Post a Picture). analisis yang terdapat pada singkatan PAP yang yang terdiri dari tiga komponen kata, yaitu post, a dan picture. Masing-masing komponen kata diambil huruf pertamanya, yaitu post /p/ , a/a/, dan picture /p/, kemudian dirangkai menjadi sebuah singkatan PAP yang merupakan singkatan dari post a picture

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image