Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Pemilu OSIS Sebagai Ajang untuk Belajar Demokrasi

Eduaksi | Tuesday, 13 Dec 2022, 14:00 WIB

Pemilu OSIS merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan untuk memilih dan menentukan kadidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua osis sesuai dengan masa bakti tahun tersebut.

SMP Al-Hikmah Boarding School Batu melaksanakan pemilu OSIS pada hari selasa, 13 Desember 2022. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan siswa terkait organisasi yang ada di SMP yaitu Organisasi Siswa Intra sekolah (OSIS), dapat melatih siswa menjadi percaya diri dan memiliki jiwa kepemimpian /Leadership, selain itu dapat mengajarkan siswa tentang pentingnya melaksanakan pemilihan suara untuk mendapatkan pemimpin yang di setujui sebagaian besar rakyatnya / penduduk sekolah.

Pemilu OSIS SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Selain itu, pemilu OSIS juga sebagai ajang untuk belajar demokrasi. Mempelajari demokrasi tidak hanya teori demokrasi, tetapi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Membudayakan nilai-nilai demokrasi di sekolah membutuhkan prinsip kebebasan berpendapat, kesamaan hak dan kewajiban, tumbuhnya semangat persaudaraan antara siswa dan guru. Prinsip-prinsip tersebut harus selalu menyertai pembelajaran di kelas pada mata pelajaran apapun. Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak.

Pemilu OSIS SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Dalam ini sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman-penanaman niliai demokrasi ini biasanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi, misalnya melalui pembelajaran di kelas. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis, bertanggung jawab, serta menghargai sehingga diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa Yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image