Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atika Hidayati

PPSDM Migas Tingkatkan Kompetensi Teknik Perawatan Sumur untuk PHR

Eduaksi | Thursday, 08 Dec 2022, 08:53 WIB

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) memberikan pelatihan dan yang akan dilanjutkan dengan program sertifikasi yaitu “Perawatan Sumur Tingkat APPS” kepada PT Pertamina Hulu Rokan. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni hari Senin dan Selasa, tanggal 5 hingga 6 Desember 2022 secara daring, melalui media Microsoft Teams.

Pertemuan hari pertama, diawali dengan pengarahan program, kemudian dilanjutkan dengan materi Hosting Operation, Completion Fluids, serta Surface and Sub Surface Equipment, Well Control dan Well Control Simulation oleh pengajar yang ahli di bidangnya.

Ario Adimir Fibarata, salah satu pengajar, menjelaskan bahwa uji sumur atau reservoir Migas dilakukan untuk mengetahui parameter-parameter reservoir Migas secara actual. “Kami juga menjelaskan tentang penggambaran kemampuan produktivitas sumur atau reservoir (absolut) dan kondisi serta model dasar reservoir objektif pengukuran,” ungkapnya. Di akhir materi, ia menyelipkan beberapa pertanyaan kepada para peserta selama sesi pelatihan, serta sejumlah studi kasus, dan menjelaskan penyelesaiannya, sehingga diharapkan para peserta mampu memahami materi yang diberikan dengan lebih jelas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image