Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kondisi Cianjur Hari Ini Menurut Tim Relawan Idaqu

Info Terkini | Wednesday, 07 Dec 2022, 13:06 WIB

Senin (5/12), Geliat roda perekonomian Cianjur mulai terlihat, warung-warung yang awalnya nutup sudah satu persatu buka. Warga saling bergotong royong membersihkan puing-puing baik rumah pribadi maupun fasilitas umum. Fasilitas toilet umum, tempat ibadah, dan tenda-tenda pengungsi semakin layak.

Sementara itu tim relawan Idaqu masih terus membantu masyarakat Cianjur untuk pulih. Dari lima posko yang diasesment oleh tim relawan Idaqu, tiga diantaranya telah memiliki kebutuhan logistik yang cukup, bahkan terlihat ruang penyimpanan logistik mulai penuh.

Meskipun kondisi terlihat membaik namun banyak yang mulai terserang penyakit, dan relawan kita telah menyediakan obat-obatan dasar yang bisa didistribusikan ke warga yang membutuhkan.

Kebutuhan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah bahan makanan baik sayuran maupun buah-buahan, dan tim relawan kita telah membangun komunikasi dengan posko bantuan lain dan juga sudah berkomunikasi ke salah satu petani untuk stok sayuran, namun kita terkendala keuangan untuk mensuplai sayur-sayuran itu kepada para warga.

Selain itu kebutuhan untuk tumbuh kembang anak-anak juga mulai harus diperhatikan. Karena warga sedang fokus dengan kondisi kerja bakti untuk fasilitas umum atau beberapa rumah pribadi. Jadi relawan kita telah diminta untuk menemani trauma healing dan melakukan kegiatan belajar mengajar baik umum maupun Al-Qur'an.

Di salah satu posko, warga sangat menyambut kehadiran relawan kita, bahkan berharap kalau memungkinkan bisa membuat posko sekolah darurat atau membantu mengajar baik mengaji maupun pelajaran umum. Namun insya Allah besok siang kita baru akan merealisasikan untuk agenda mengajar di posko itu, dan sekalian membantu gotong royong warga membereskan masjid yang roboh.

Total dari 5 posko pengungsian utama yang biasa kita datangi, 2 posko pengungsian utama yang kita tangani dalam agenda trauma healing dan mengajar. Dan tiap posko total terdapat sekitar 25 anak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image