Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

BEM FK Unismuh Gelar Gerakan Ekspedisi Pulau, Upaya Menjangkau Pelayanan Kesehatan di Daerah Perifer

Info Terkini | Tuesday, 29 Nov 2022, 10:20 WIB

PANGKEP – Departemen Pengembangan Masyarakat (Pengmas) BEM Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Ekspedisi Pulau dengan Tema “Sehatkan Daerah Perifer, Indonesia Tangguh”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Lamputang, Desa Matturodolangeng, Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkejene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan pada 26-27 November 2022.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk optimalisasi penjangkauan pelayanan kesehatan di daerah perifer (daerah pinggiran) yang masih minim khususnya di daerah kepulauan.

 

Ketua BEM FK Unismuh Makassar Muhammad Risqullah Ammar, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah, Hadirnya kegiatan ini tentu melibatkan banyak pihak, Kami ucapkan terima kasih banyak dan penghargaan atas kolaborasi yang dilakukan sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan harapannya agar kegiatan ini terus berlanjut untuk membantu seluas-luasnya masyarakat.

“Ekspedisi Pulau ini menyongsong semangat gotong royong dengan menjangkau lebih dekat, merangkul dalam satu asa,menuju Indonesia tangguh dan sehat,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan aksi Clean Up Day dengan membersihkan sampah-sampah organik dan non organik di daerah pesisir sebagai bentuk gerakan dalam menjaga lingkungan.

Sementara itu, Ketua Panitia Ekspedisi Pulau, Muhammad Izzah Alfath menyebutkan bahwa program ini sangat disambut baik masyarakat dan bisa berjalan lancar dengan bersinergi bersama Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah kegiatan ekspedisi pulau BEM FK Unismuh berjalan dengan baik, walaupun kegiatan ini merupakan proker inovasi dari BEM FK Unismuh tetapi respon masyarakat di pulau lamputang sangat baik,” tuturnya dengan raut wajah tersenyum.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya bagi dompet dhuafa yang telah menuntunnya untuk memilih pulau Lamputang sebagai tempat kegiatan tersebut.

Salah satu dokter penanggung jawab dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, Dr Abdul Hamid menyampaikan apresiasi kepada warga Pulau Lamputang.

“Terima kasih kepada seluruh warga Pulau Lamputang atas atensinya, semoga kehadiran kami disini membawa manfaat dan keberkahan. Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk pengabdian adik-adik mahasiswa kedokteran unismuh untuk membantu mengoptimalkan kesehatan masyarakat khususnya yang berada di pulau ini.” Ujarnya.

Ekspedisi Pulau ini di tutup dengan pelaksanaan malam ramah tamah bersama warga, terdapat persembahan seni dari siswa(i) Sekolah Dasar (SD) di Pulau Lamputang dan juga penyerahan kenang-kenangan dan hadiah kepada warga setempat.

Selain kegiatan tersebut, ada juga rangkaian kegiatan ekspedisi pulau ini yang terdiri dari, Penyuluhan/Promosi Kesehatan, Pemeriksaan kesehatan, Sirkumsisi, serta Clean Up Day.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image