Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image umsofficialid

Ramaikan Muktamar 48, LRI UMS Pamerkan Suplemen Herbal Pengobatan Covid-19 di MITE 2022

Eduaksi | Tuesday, 29 Nov 2022, 10:06 WIB
LRI UMS Pamerkan Suplemen Herbal Pengobatan Covid-19 di MITE 2022. Foto Humas UMS

ums.ac.id, PABELAN-Lembaga Riset dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (LRI UMS) telah memberikan kontribusi aktif pada kegiatan pameran Muhammadiyah Innovation Technology Expo (MITE) 2022, beberapa waktu lalu di salah satu venue Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48, De Tjolomadoe. MITE 2022 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Muktamar, diselenggarakan pertengahan November 2022.

LRI UMS mengirimkan empat hasil riset dari tim peneliti UMS untuk mengikuti kegiatan pameran MITE 2022, di mana salah satunya adalah hasil riset pengembangan obat dari bahan alam yang dikoordinir oleh Prof., Dr., Muhtadi, M.Si., berupa Suplemen Herbal.

Produk inovasi ini digunakan sebagai pendukung pengobatan pasien Covid-19 yang disinergikan dengan penggunaan obat medis standar Kemenkes atau WHO.

Muhtadi menjelaskan awal mula dilakukannya penelitian untuk obat ajuvan tersebut.

“Berawal dari banyaknya kasus penderita Covid-19 dan meningkatnya jumlah penderita Covid yang meninggal dunia, Tim riset dari fakultas Farmasi UMS melakukan kajian formulasi obat herbal dan riset terhadap relawan dalam jumlah terbatas untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam menangani permasalahan pandemik Covid-19 tersebut. Karena kondisi yang darurat, maka formulasi obat herbal sebagai suplemen pendukung pengobatan Covid-19 telah dimanfaatkan untuk membantu banyak pasien Covid-19 dan alhamdulillah dapat disembuhkan dengan waktu lebih cepat,” ujar Prof Muhtadi, Selasa (29/11)

Muhtadi juga menjelaskan bahwa untuk mencegah dan mengobati Covid-19 dapat dilakukan dengan pemanfaatan obat herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh (imunomodulator) dan anti virus. Selain itu, dia juga menerangkan bahwa bahan-bahan herbal sebenarnya sangat mudah diperoleh di sekitar kita.

Ajang pameran riset dan teknologi yang diselenggarakan bersamaan dengan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 dijadikan sebagai sarana untuk sosialisasikan hasil riset mereka

“Di pameran muktamar MITE ini dapat dimanfaatkan sebagai arena sosialisasi dan promosi bahwa kita memiliki produk inovasi formulasi suplemen herbal untuk pengobatan Covid-19, harapannya tidak hanya dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat di wilayah Surakarta saja tapi bahkan lebih luas lagi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” tutur Muhtadi lebih lanjut.

Dia juga menyampaikan seharusnya riset dan inovasi tidak hanya bermanfaat secara kualitatif kepada keilmuan teoritis, tetapi juga dapat diimplementasikan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (Maysali/Humas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image