Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Patut Diacungi Jempol ! Program Food Estate Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Info Terkini | Sunday, 27 Nov 2022, 18:56 WIB

Program Ketahanan Pangan melalui food estate berjalan sukses dan memberikan manfaat bagi pengembangan petani. Di saat dunia sedang menghadapi ancaman krisis pangan, bahkan sejumlah negara terkena krisis tapi Indonesia tetap tangguh.

Dengan kata lain, tidak akan terdampak dengan krisis pangan dan ekonomi yang sedang mengancam dunia. Sebab, fundamental ekonomi kuat dan tidak bergantung pada pemasukan dari luar negeri.

Bangsa Indonesia tetap berupaya dalam menjaga pertahanan khususnya ketahanan pangan salah satunya melalui food estate. Seperti pada Pemprov Kalteng yang tengah gencar menggalakkan program food estate dalam menjaga ketahanan pangan.

Patut diacungi jempol, dengan menggalakkan program food estate sama dengan mengantisipasi menyelamatkan diri dari krisis pangan. Sebab, melalui program yang berjalan dengan baik diharapkan akan meningkatkan produksi tanam dan pemberdayaan para petani.

Tentu, dengan banyaknya produksi pertanian maka menjadikan Indonesia tidak akan bergantung dari produksi luar negeri. Dengan banyaknya produksi, juga akan meningkatkan kapasitas petani di daerah yang menjalankan program food estate.

Apalagi, kelompok tani akan bertambah dalam pengalaman, wawasan dan jaringan penjualan produksi pertanian. Dalam program tersebut juga menjadikan lahan tidur menjadi lahan produktif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bahkan, dalam pemanfaatan hutan untuk program ketahanan pangan juga tidak semena-mena menggunduli hutan. Justru pengembangan hutan yang produktif menjadi pertanian, perikanan, peternakan tanpa merusak konservasi lingkungan.

Sehingga, impian Indonesia menjadi negara maju, pertahanan pangan dan ekonomi yang kuat siap bersaing secara global akan segera terwujud.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provisi Kalimantan Tengah melaksanakan program strategis nasional 'Food Estate' yang bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan daerah.

Seluruh kabupaten telah membangun berbagai infrastruktur pendukung, agar program dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengantarkan Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan nasional.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melakukan peninjauan di Desa Belanti Siam dan Desa Gadabung untuk memastikan program Food Estate berjalan dengan baik dan lancar. Sebab, ketahanan pangan menjadi hal penting terutama dalam menghadapi inflasi.

Saat ini, kawasan Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau telah dibangun infrastruktur pendukung utama yang memadai, seperti jalan dan jembatan serta jaringan telekomunikasi hingga listrik. Sehingga, dapat tercipta sektor-sektor lain selain program Food Estate.

Sumber : Metrotvnews.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image