Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPM El-Hakim

Sekolah Pendidikan Islam di Kalimantan Utara

Sekolah | Saturday, 26 Nov 2022, 17:15 WIB

Tidak banyak yang mengetahui bahwa pendidikan Islam, sudah dilakukan sejak lama bahkan sudah mulai sejak beberapa abad silam. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk kita mengetahui sejarah sejarah panjang mengenai sekolah atau pendidikan Islam ini.

Memahami pendidikan Islam adalah upaya sadar dan sudah terencana untuk menciptakan suasana proses pembelajaran bagi siswa untuk secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, karakter mulia, dan taat kepada Allah SWT serta keterampilan yang di butuhkan oleh diri mereka sendiri dan masyarakat.

Adapun menurut Imam Al-Ghazali, Pendidikan Islam yaitu pendidikan yang berupaya dalam pembentukan insan paripurna, baik di dunia maupun di akhirat. Adapun lagi menurut Imam Al-Ghazali pula, manusia dapat mencapai kesempurnaan apabila mau berusaha mencari ilmu dan selanjutnya mengamalkan fadhilah melalui ilmu pengetahuan yang dipelajarinya.

Namum sangat di sayangkan dengan adanya pendidikan Islam dizaman modern ini, khususnya pendidikan Islam di Kalimantan Utara. Bahkan Sebagian pengajar memberikan mata pelajaran tanpa mengajak anak didiknya untuk taat kepada Rabb-nya,mengajak untuk mentaati perintah-Nya dan menjahui larang-Nya. Maka dari itu tidak sedikit peserta didik yang kemudian paham atas pentingnya mendalami pendidikan Islam di sekolah Islam tersebut.

Sekolah pendidikan Islam ataupun sekolah yang bebasis tauhid khususnya di pesantren-pesantren di Kalimantan Utara ini, sebenarnya sudah cukup banyak untuk menarik bahkan mengajak anak milenial untuk menempuh pendidikan Islam. Namun apakah dengan mengajak itu cukup untuk menjadi solusi bagi anak-anak kita yang kini sudah memsuki era globalisasi?Sungguh tidak.

Itulah sebabnya mengapa Rasulullah SAW bersabda bahwa ibu adalah guru utama bagi anak, sekiranya tak hanya di sekolah saja mereka mengenyam pendidikan islam melainkan rumah adalah tempatbutama untuk merealisakikan ataupun mempraktikan.

Sasaran strategis pendidikan Islam adalah menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai agama didalam diri anak didik, sehingga akan terbentuk sikap beriman dan bertaqwa dalam dirinya.di zaman sekarang sebagian generasi milenial mungkin sudah jauh dari pendidikan islami, padahal pendidikan islami ini sangat penting, karena pendidikan islami ini merupakan dasar/alasan bagi seseorang untuk melakukan suatu kebaikan dan menjadi titik tumpu dalam menjalani kehidupan.

Oleh karena itu, generasi muda haruslah dibekali dengan pendidikan islami sebagai pedoman hidup untuk masa depan, agar tidak tergerus oleh arus globalisasi yang semakin maju. Pendidikan islami adalah pendidikan yang mengajarkan mengenai ajaran-ajaran Islam dan usaha untuk menyiapkan serta membangun karakter generasi muda agar dapat bersikap sesuai dengan ajaran Islam.

Banyak generasi muda saat ini yang sudah terpapar millennial effect yaitu kecenderungan dan ketergantungan kepada teknologi dan komunikasi, khususnya handphone. Mereka menggunakan handphone di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Di zaman sekarang ini bisa kita lihat bahwa teknologi semakin berkmbang, ini merupakan salah satu penyebab para generasi muda tidak lebih memahami pendidikan islami. Oleh karena itu, untuk saat ini sangat penting bagi para generasi muda untuk dapat memahami pendidikan islami. Generasi milenial saat ini bisa mencapai pendidikan islami mulai dari keluarga, lingkungan sekitar, dan sekolah.

Didalam keluarga, orang tua harus mengajak atau mengajarkan anak-anaknya dari sejak kecil untuk memulai kebiasaan ajaran-ajaran islami. Dan dari lingkungan sekitar, seperti tetangga dan teman-teman yang bisa membawa pengaruh islami. Kemudian sekolah, seharusnya para orangtua menyekolahkan anaknya kepada sekolah yang berbasis islami, sehingga anak-anak bisa dengan mudah mendapat pendidikan Islam.

Pendidikan Islam bertujuan agar para generasi muda anak bangsa dapat mengembangkan diri secara luas dengan mengedepankan asas-asas islami pada diri mereka. Dari yang kita lihat bahwa pendidikan umum juga memanglah penting tetapi pendidikan islam sangatlah lebih penting karena dengan pendidikan islami, generasi muda bisa mengembangkan akhlak yang baik.

Suara Mahasiswi STIT Al-Anshar/Nur Fazila

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image