Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image umsofficialid

Tim 'Halo Dek' UMS Jadi Juara Harapan di Gemastik 2022

Eduaksi | Saturday, 26 Nov 2022, 14:09 WIB
Tim 'Halo Dek' UMS Jadi Juara Harapan di Gemastik 2022. Foto Humas UMS

ums.ac.id, Surakarta - Tim 'Halo Dek' Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi juara harapan di ajang GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) 2022 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, 21-25 November 2022.

Pada Gemastik ke 15 ini, tim 'Halo Dek' berkompetisi di Divisi 2 Keamanan Siber dengan beranggotakan 3 orang, Bayu Fedra A (Teknik Informatika 2020), Muhammad Wahyu Syafi'udin (Teknik Informatika 2021) dan Zavier Ferodova Al Fitroh (Teknik Informatika 2021).

Sebelum lolos menjadi finalis, 'Halo Dek' harus melewati online qualification dengan melawan sebanyak lebih dari 250 tim dan hanya diambil 20 tim terbaik untuk bertanding secara langsung di Malang.

Dalam babak kualifikasi tersebut, tim diberikan beberapa tantangan yang mengadopsi sistem kompetisi Jeopardy. Terdapat beberapa kategori soal keamanan siber dalam penyisihan ini, yaitu Cryptography, Digital Forensic, Web Exploitation, Reverse Engineering, dan PWN/Binary Exploitation.

Fedra menjelaskan pada Gemastik 2022, finalis divisi keamanan siber diminta untuk saling menyerang dan mengamankan server.

"Jadi bagaimana kita mengamankan server tadi, setelah coba kita amankan, kita coba serang tim lain. Dan waktu diserang kita juga melakukan analisis serangan. Kalau misal server kita diserang, bagaimana cara kita menyikapinya, bagaimana cara membuat server kita tadi lebih kuat," jelas Fedra, Sabtu, (26/11)

Fedra juga berharap agar adik adik tingkat di kampusnya tidak takut untuk mengikuti kompetisi, serta dia berupaya menumbuhkan bibit kepada mahasiswa UMS.

"Semoga UMS bisa lebih mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, dengan cara adanya pembibitan, dan kalau buat adeIk-adik yang pengen ikut, ikut aja lah, ngga usah takut, ngga usah nunggu harus bisa," harapnya.

Di bawah bimbingan Ir. Bana Handaga, M.T., Ph.D. 'Halo Dek' menjadi juara harapan di Divisi Kemanan Siber pada Kamis (24/11) saat penutupan acara. Juara 1 pada divisi ini diraih oleh Universitas Indonesia, kemudian juara 2 dan 3 diraih oleh Institut Pertanian Bogor, dan disusul oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kegiatan Gemastik ke-15, tahun 2022 yang mengangkat tema "TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat", ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun ketika usai studi. (Maysali/Humas)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image