Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Keren, Siswa MAN 3 Bantul Sabet Medali Perak OPSI 2022

Eduaksi | Saturday, 26 Nov 2022, 13:01 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) - Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022 telah digelar. Pengumuman pemenang pun usai dilaksanakan. Tepatnya pada hari penuh berkah, Jumat(25/11/2022) secara daring melalui Zoom dan siaran langsung YouTube. Semua peserta dari berbagai wilayah di Indonesia yang mengikuti kompetisi ini, mengikuti upacara penutupan OPSI.

MAN 3 Bantul (Mantaba) unggul dalam OPSI 2022. Setelah melalui proses yang cukup panjang (April hingga November), Mantaba berhasil meloloskan tim hingga babak final. Himmatul Aliyyah dan Afifah Dewi Astuti yang mengambil penelitian bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST) mengikuti Upacara Penutupan OPSI di tempat berbeda. Himma mengikuti Zoom di madrasah dan Afifah mengikuti dari rumah.

Upacara Penutupan dan Pengumuman di madrasah didampingi oleh Pembimbing Riset, Ismariyati, M.Pd. dan Staf Waka Bidang Kesiswaan, Rachmat Okta Ariyanto, S.Si., M.Pd. Seluruh civitas MAN 3 Bantul turut memanjatkan doa dari rumah masing-masing. Doa-doa melangit diiringi rintik hujan yang mengguyur saat Upacara Pengumuman, Jumat sore.

Setelah menunggu beberapa saat, tibalah detik-detik waktu pengumuman. Nama Himma dan Afifah dengan lantang disebutkan oleh pembawa acara meraih Medali Perak. Penelitian Tim Excellent Researcher Club (ERC) ini mengangkat detektor merkuri menggunakan kamera gawai. Isma dan kedua finalis OPSI bersyukur atas karunia prestasi ini. Tangis haru pembimbing, Himma dan Afifah pecah usai mendengar pengumuman.

"Alhamdulillah, puji syukur tak henti-hentinya kami panjatkan atas kesuksesan dalam OPSI ini. Terima kasih atas doa restu, bimbingan Bapak Ibu Guru dan orang tua, dukungan Bapak Ibu Pegawai, keluarga, pondok pesantren, dan seluruh keluarga besar MAN 3 Bantul. Semoga prestasi tersebut tak berhenti sampai di sini saja, melainkan terus berlanjut untuk membanggakan orang tua, juga Madrasah," ungkap Himma, putri Abdul Muntholib (Almarhum) dan Sholichah, usai pengumuman.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka mendapatkan medali perak OPSI. Semua tidak terlepas dari doa dan dukungan Bapak Ibu Guru, keluarga, dan seluruh keluarga besar MAN 3 Bantul. Semoga prestasi ini memberikan berkah untuk semuanya,” ucap Afifah, putri Zaenuri dan Sri Lungguh.

Guru pembimbing, Ismariyati, M.Pd. bangga atas raihan anak-anak didiknya.

"Kami senang dan bangga dengan anak-anak kami. Mereka belajar begitu semangat. Anak-anak melakukan penelitian dengan wajah senantiasa ceria. Lomba demi lomba mereka ikuti hingga kali ini menuai buah keberhasilan," ungkap Isma.

Kepala Madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd., bersyukur atas prestasi Himma dan Afifah.

“Alhamdulillah, selamat untuk Ananda Himma dan Ananda Afifah berhasil meraih Medali Perak OPSI 2022. Prestasi Himma dan Afifah menjadi raihan terbaik mewakili D.I.Y. dari MA dalam ajang OPSI ini. Semoga penelitian yang dilakukan oleh anak-anak kami berkah dan bermanfaat. Madrasah memberikan dukungan penuh untuk memajukan riset. Penelitian ini selanjutnya akan dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan kebermanfaatan lebih luas,” tutur Kamad. (sal)

Himma dan Afifah sedang melakukan penelitian
Himma dan Afifah, Tim Excellent Research Club MAN 3 Bantul

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image