Merencanakan Liburan Akhir Tahun Dengan Wifi Rumah

Image
Silvia Putri
Wisata | Friday, 25 Nov 2022, 16:15 WIB

Sudahkah kamu merencanakan liburan akhir tahun kali ini?

Tahun lalu bisa dikatakan tidak semua orang bisa merencanakan liburan akhir tahun. Selain karena pandemik masalah yang timbul lainnya seperti keterbatasan ruang dan tempat untuk bergerak juga jadi pertimbangan. Belum lagi perasaan tidak aman karena keluar rumah berati siap menerima virus maupun bakteri tak terlihat yang berada disekitaran dan bisa saja menempel di badan.

Situasi tahun ini tidak sama dengan tahun lalu. Tahun ini sudah banyak yang merencanakan atau bahkan sudah memulai liburan akhir tahunnya. Lalu apa saja yang bisa kamu rencanakan untuk liburan akhir tahun kali ini?

Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Tenang saja, merencanakan liburan tidak harus repot kok. Tidak pula harus pusing tentang hal-hal yang tidak penting. Jika kamu berencana liburan dengan teman-teman segara ajak dan tentukan mau kemana. Jika bersama keluarga maka diskusikan sebaiknya pergi kapan dan berapa lama. Apalagi jika sudah memiliki anak. Persiapan liburan akhir tahun harus sudah lebih matang dan penuh perhitungan. Nah.. sebelum itu mari kita simak satu persatu tipsnya.

1. Tentukan Tanggal Cuti

Hal terpenting sebelum liburan adalah menentukan tanggal cuti. Pastikan kamu dan partner liburan kamu sudah mengajukan cuti di waktu keberangkatan. Sebisa mungkin untuk menambah 1 hari agar kamu bisa do nothing sebelum kembali ke kantor. Gunanya supaya refreshing yang kamu lakukan benar-benar bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis.

2. Research Lokasi yang Ingin Dituju

Mau liburan kemana sih? Dalam negeri apa luar negeri. Ayo segera tentukan. Setelah itu lakukan research kecil-kecilan tentang lokasi yang akan dituju. Research dapat kamu lakukan dengan Wifi Rumah. Kamu tidak perlu terlalu pusing sampai datang ke agen perjalanan. Dengan internet cepat yang tersedia di wifi rumah kamu, kamu sudah bisa mengetahui banyak hal. Salah satu yang harus kamu cari tahu adalah transportasi dan makanan di tempat tujuan.

3. Pesen tiket 3 Bulan Sebelumnya

Kamu mau tahu kenapa banyak traveller suka jalan-jalan tapi budget-nya ga mahal. Ya karena mereka sudah merencanakannya lebih matang dari pada ini. Beli tiket jauh-jauh hari itu penting loh. Karena kamu bisa dapat best price dari pada harga biasanya.

Beli tiket di jam-jam menjelang tengah malam, bisa membuat kamu mendapatkan harga lebih murah dari biasanya. Pastikan juga Wifi Rumah kamu aman sehingga kamu tidak ketingglan ketika ada promo besar.

4. Pesan Hotel 3 Bulan Sebelumnya

Sama dengan tiket pesawat, pesan kamar hotel juga jangan mepet. Pesanlah tiket min 3 bulan sebelumnya agar kamar yang diinginkan tersedia. Apalagi kalau ada diskon khusus Liburannya bisa lebih hemat loh..

5. Pastikan Tempat yang Menjadi Tujuan Aman

Setelah research tentang tempat yang menjadi tujuan kamu, pastikan juga keamanan dari tempat tersebut. Contohnya seperti ini, Itali adalah negara yang rawan copet. Dan hal itu sudah diketahui oleh seluruh turis yang datang ke sana. Karena itu, kamu harus paham lokasi-lokasi mana yang aman atau kamu dapat mengamankan barang-barang yang kamu bawa tanpa rasa khawatir.

6. Jangan Lupa Untuk Selalu Bawa Hand Sanitizer

Pandemik belum usai loh! Jadi usahakan untuk selalu bawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

7. Bawa Keperluan Seperlunya

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh traveler baru adalah membawa banyak barang. Padahal barang yang dibawa seharusnya tidaklah banyak. Karena bisa saja menggangung kamu bergerak lebih bebas. Jadi bawalah barang-barang seperlunya.

Research yang dilakukan sebelum perjalan adalah hal terpenting. Sama pentingnya dengan internet cepat pada saat mencari tahu tentang tujuan dari liburan akhir tahun. Melakukan kepo terhadap negara atau kota tujuan itu penting loh. Dengan IndiHome by Telkom Indonesia, mencari tahu menjadi lebih mudah dan cepat. Browsing tetap bisa jalan lancar dengan YouTube yang tetap aktif menampilkan review tempat tujuan. Jadi kamu bisa mengetahui banyak hal dalam satu waktu

Biasakan juga untuk menentukan beberapa lokasi sekaligus. Jadi ketika lokasi pertama tidak dapat dikunjungi karena satu dan lain hal bisa beralih ke lokasi selanjutnya. Selain itu, jangan lupa untuk diskusi dengan partner dan turunkan ego selama perjalannya, ya. Nggak lucu kan kalau berantem masih di Negara orang. hehehe

Sekian tipsnya, Happy Holiday

Design: by Canva

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Observer, Reader, Listener, Storyteller, Traveler Food Lover

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

Pariwisata Religi Solo-Magetan, Akulturasi Budaya Islam-Jawa

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Image

Azyumardi Azra Dianugerahi Life Achievement Filantropi dalam Indonesia Fundraising Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image