Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketut Agus

PPSDM Migas dan PJB Gresik Optimalkan Kompetensi Operator Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa

Eduaksi | Friday, 25 Nov 2022, 09:53 WIB

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik dengan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa selama tiga gelombang yang dimulai dari Senin (14/11/22).

Pelatihan dan sertifikasi ini penting untuk dilaksanakan karena Distribusi gas alam dan buatan non pipa ini dikhususkan kepada bisnis pengelolaan Compressed Natural Gas (CNG) baik yang ada di mother station dan daughter station. Risdiyanta, pemimpin pelatihan ini menjelaskan tujuan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari dan 2 hari sertifikasi kompetensi.

“Tujuan pelatihan adalah membekali peserta pelatihan dalam hal pengelolaan distribusi gas alam dan buatan non pipa pada khususnya sesuai dengan SKKNI Bidang Distribusi Gas Alam dan Buatan Non-Pipa pada jabatan operator dengan materi. Selain itu agar mereka dapat melakukan komunikasi di lingkup pekerjaan, mampu menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja Lindungan Lingkungan (K3LL), mengoperasikan komputer program aplikasi kegiatan penerimaan, kompresi, penyimpanan penyaluran gas alam, mengoperasikan penerimaan, penyimpanan dan penyaluran gas alam, menjaga keakuratan penyediaan (stock) dan susut (losses) gas alam serta merawat sarana dan fasilitas kegiatan penerimaan, kompresi, penyimpanan penyaluran gas alam PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Gresik,” ungkapnya.

Secara detail materi pelatihan adalah sebagai berikut yaitu K3LL, Komunikasi di Tempat Kerja, Operasi Penerimaan, Kompresi, Penyimpanan dan Penyaluran Distribusi Gas Alam Non-Pipa, Perhitungan Penyediaan (Stock) Dan Susut (Losses) Distribusi Gas Alam Non-Pipa, Perawatan Peralatan Sarana dan Fasilitas Distribusi Gas Alam Non-Pipa. Pelatihan yang diadakan selama 3 batch tersebut yaitu diadakan pada tanggal 14 – 16, 21 -23, dan 28 – 30 November 2022 di PPSDM Migas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image