POS Gratis yang Bisa Menggunakan Berbagai Macam Printer

Image
XEason Chan
Teknologi | Tuesday, 22 Nov 2022, 13:36 WIB

Hai kenalin saya seorang pengusaha coffee shop di daerah Jakarta. Saya udah ngelakuin bisnis coffee shop ini sejak tahun 2018. Dengan sedikit modal pengetahuan mengenai dunia F&B, saya memberanikan diri untuk memulai usaha saya menggunakan tabungan yang sudah saya simpan selama kurang lebih 6 tahun dari upah pekerjaan saya. Ohiya usaha coffee shop ini hanya sampingan saya aja, karena saya juga kerja jadi pegawai swasta disalah satu perusahaan asing sih.

Awalnya coffee shop saya cuman berlokasi di satu ruko kecil dan itu juga nyewa tempat yang paling cuman bisa nampung sekitar 5-7 pelanggan dine-in aja. Seiring berkembangnya bisnis saya, akhirnya sekarang saya udah punya lokasi sendiri yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 25-30 pelanggan untuk dine-in.

Selama perjalanan saya berbisnis coffee shop, udah banyak banget sistem kasir atau POS yang saya pakai, jadi saya juga lumayan paham lah kelebihan dan kekurangan setiap sistem kasir yang pernah saya pakai. Pas pertama kali bisnis coffee shop saya buka, saya belom pakai sistem kasir apapun selama sekitar dua bulan berjalan sampai akhirnya saya pakai Pawoon, karena harganya yang tidak terlalu mahal dan masih bisa dibeli untuk bisnis kecil kayak bisnis saya. Tapi satu hal yang membuat saya ingin pindah dari Pawoon, yaitu koneksi yang terkadang lemot banget padahal masa berlangganan saya yang masih sekitar 2-3 bulan lagi baru habis.

Setelah saya mencari-cari untuk sistem kasir pengganti, saya memutuskan untuk menggunakan Moka. Ya walaupun dari segi harga Moka cukup tinggi tapi karena bisnis saya sudah mulai stabil jadi saya berani untuk ambil Moka. Namun ternyata printer yang saya beli dari Pawoon tidak bisa digunakan di Moka jadinya terpaksa saya beli printer bluetooth biasa untuk bisa digunakan dengan Moka.

Saya suka banget sama Moka, hampir setengah tahun saya pakai dan tidak ada masalah yang berarti untuk bisnis saya. Sampai akhirnya pandemi COVID 19 datang ke Indonesia dan penjualan di coffee shop saya turun. Karena penurunan penjualan ini, saya sampai berpikir apakah saya mampu untuk membayar biaya perpanjang langganan Moka saya kalau nanti sudah habis? Karena keraguan itu, saya beralih menggunakan Majoo.

Di tahun 2021, tablet android yang biasa coffee shop saya gunakan untuk operasional tiba-tiba rusak, jadi saya menggantinya menggunakan Ipad pribadi saya. Ternyata printer bluetooth yang saya gunakan gak bisa di sambungkan dengan Ipad saya sehingga saya harus membeli printer baru yang menggunakan kabel LAN. Jujur, harga printer LAN ini cukup mahal banget, ditambah lagi penjualan yang masih naik turun akibat pandemi COVID 19. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan sistem kasir dulu di coffee shop saya.

Suatu waktu saya bertemu dengan teman saya, sesama pebisnis F&B juga dan saya cerita mengenai kendala sistem kasir yang saya alami. Teman saya menyarankan saya pakai OrderPin, karena selain gratis biaya langganan, OrderPin juga bisa disambungkan ke berbagai macam jenis printer seperti bluetooth, LAN, maupun WIFI. Setelah saya mempelajari lebih lanjut mengenai OrderPin melalui orderpin.id, saya pikir ini bisa menjadi solusi untuk bisnis saya yang terhambat karena masalah printer. Tanpa pikir panjang saya langsung hubungi sales OrderPin dan membuat janji demo dengan dia. Benar saja ternyata setelah demo, Ipad saya bisa tersambung dengan printer bluetooth saya melalui OrderPin jadinya saya gak perlu beli printer baru lagi. Ini bener-bener saving money banget karena kalo pake OrderPin gak perlu beli perangkat (tablet, printer, cash drawer) baru karena OrderPin bisa digunakan ke semua perangkat yang udah ada dan OrderPin bener-bener bebas biaya langganan jadinya saya gak perlu keluar biaya tambahan lagi. Tanpa biaya tambahan namun bisa menyelesaikan masalah yang saya alami.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image