Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Makin Menguntungkan, Menhan AS Bakal Kunjungan Kerja Ke RI

Info Terkini | Monday, 21 Nov 2022, 21:32 WIB

Hubungan antara Indonesia dan Amerika sudah lama terjalin dengan baik serta membawa banyak keuntungan. Kerja sama saling menguntungkan antara kedua negara telah memberikan dampak positif serta berkelanjutan.

Bidang ekonomi melalui ekspor impor telah meningkat, begitu juga dalam bidang pendidikan seperti beasiswa. Yang tak kalah pentingnya adalah kerja sama dalam bidang pertahanan juga telah terjalin lama antara keduanya.

Seperti dengan rencana Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin III akan ke Indonesia.

Banyak hal yang didapatkan kerja sama dalam bidang pertahanan dengan Amerika. Diantaranya dengan latihan perang bersama antara TNI dan tentara Amerika di Indonesia.

Bahkan, kerja sama dalam pemasokan peralatan tempur seperti: dengan pengadaan pesawat tempur F-16. Apalagi, selama ini keberadaan F-16 telah memperkuat armada militer TNI AU dalam menjaga kedaulatan.

Disamping itu, kerja sama dalam penanggulangan kejahatan teroris dan radikal.

Tentu, kerja sama pertahanan ini banyak menguntungkan Indonesia salah satunya pengalaman dan transfer teknologi. Apalagi, Amerika dalam sebagai salah satu negara kuat dalam militer di dunia yang memiliki pengaruh.

Dengan kehadiran Menhan AS ke Indonesia sebagai simbol memiliki hubungan kedekatan antara keduanya. Selain ekonomi, tentunya akan memperkuat pertahanan militer Indonesia dalam menjaga NKRI.

Sebagaimana diketahui, Menhan AS akan ke Indonesia sebagai bagian dari rangkaian lawatannya ke luar negeri, yang dimulai pada 18 November 2022. Selain Indonesia, negara yang akan dikunjungi Austin adalah Kanada dan Kamboja.

Selama di Indonesia, Austin akan melakukan perjalanan ke Jakarta dan rapat dengan sejumlah pucuk pemimpinan di pemerintahan dan militer. Amerika Serikat dan Indonesia bekerja sama untuk memetakan arah kemitraan pertahanan kedua negara.

Kunjungan Menteri Pertahanan Austin akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi TNI.

Sebelum ke Indonesia, Austin akan lebih dulu ke Nova Scotia, Kanada untuk menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax (Halifax International Security Forum) 2022. Di forum itu, Austin akan mengupayakan Kementerian Pertahanan Ameirka Serikat dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para Sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

Menteri Pertahanan Austin juga akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara Amerika Serikat dan Kanada serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.

Kunjungan kerja Austin akan berakhir di Kamboja. Di sana, Austin akan berpartisipasi dalam pertemuan para Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-9, bersama sepuluh negara anggota ASEAN dan delapan mitra dialog. Ini akan menjadi kehadiran pertama Austin secara tatap muka di forum tersebut, yang sebelumnya dilakukan secara virtual pada saat pandemi Covid-19.

Di sela-sela ADMM-Plus, Austin akan mengadakan kegiatan multilateral informal dengan rekan sejawat dari ASEAN dan bertemu dengan para rekan sejawatnya dari Kamboja dan berbagai negara mitra. Keterlibatan Amerika Serikat kali ini, menggarisbawahi langkah penting yang diambil Kementerian Pertahanan Amerika bersama para Sekutu dan mitranya demi menciptakan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih di kawasan Indonesia-Pasifik.

Sumber : Tempo.co

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image