Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Nusakambangan Bapas NK

Pesan Narapidana Terorisme Kepada PK Bapas Nusakambangan

Info Terkini | Monday, 21 Nov 2022, 10:54 WIB

Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam lapas bertujuan untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, intelektual, sikap dan perilaku, profesional, kesehatan jasmani dan rohani Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Selama menjalani pembinaan narapidana berhak menjalankan ibadah, mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan, perlakuan manusiawi, dan pelayanan lain yang diperlukan.

Sesi Asesmen terhadap Narapidana Terorisme (dok. pribadi)

Selain itu, narapidana juga berhak mendapatkan remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, dan pembebasan bersyarat sesuai dengan yang tertuang di Pasal 10 UU nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan.

Hal tersebut berlaku pula untuk AR seorang WBP di Lapas Besi Nusakambangan dengan tindak pidana terorisme. AR tengah menunggu pengajuan remisi dan pemberian hak integrasi. Sebelumnya AR telah memenuhi persyaratan pengajuan hak remisi dan integrasinya yaitu berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, telah menunjukkan penurunan tingkat risiko yang dibuktikan dengan hasil asesmen, mengikuti program deradikalisasi, dan telah menyatakan ikrar setia kepada NKRI.

“Islam memiliki ajaran-ajaran yang didasarkan atas dalil, jadi jangan tergesa-gesa dalam mengkafirkan orang lain bahkan suatu negara tanpa didasari oleh dalil atau alasan yang kuat”, pesan AR kepada rekan sesama WBP pada sesi asesmen dengan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dari Bapas Nusakambangan.

Program deradikalisasi penting untuk mendapat pemahaman islam yang seimbang dan moderat. Pada sisi lain pembinaan WBP berperan memberikan bekal untuk dapat kembali lagi ke masyarakat seperti manusia pada umumnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image