Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Gagasan Singkong dari Menhan Tepat Perkuat Pertahanan dari Pangan

Info Terkini | Sunday, 20 Nov 2022, 19:09 WIB

Pangan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.Pangan sangat diperlukan dalam menjaga kestabilan negara. Sehingga pangan bisa disebut sebagai pertahanan suatu negara.

Bayangkan jika krisis pangan, kebutuhan pokok terganggu dan pertahanan jadi lemah. Ibarat seorang tidak makan daya ke kekuatan melemah. Sebab sumber kekuatan itu dari pangan yang dikonsumsi.

Apa lagi negara. Negara kan diperkuat oleh rakyatnya. Jika krisis pangan kondisi negara pun jadi lemah.

Ada gagasan dari Menteri Pertahanan (Menhan) untuk menanam singkong. Ini gagasan bagus. Sejak dulu masyarakat kita sudah konsumsi singkong.

Nah singkong ini juga bisa banyak olahan. Gagasan singkong sebagai tanaman yang efisien untuk mendukung ketahanan pangan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Pak Menhan tepat dalam memberi gagasan untuk negara. Mari kita dukung gagasan ini gagasan yang positif. Gagasan tersebut disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara pada Global Food Security Forum di Nusa Dua, Bali, Minggu, 13 November 2024.

Salah satunya pengamat komunikasi politik dan intelijen, Susaningtyas NH Kertopati. Saat ini, ketahanan pangan menjadi salah satu perhatian utama militer di dunia dan menjadi indikator penting dalam memenangi pertempuran.

Terlebih, pecahnya perang Rusia-Ukraina yang berdampak pada instabilitas cadangan pangan di banyak negara.

“Ketahanan pangan menjadi bagian pokok dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia membuktikan bahwa ketahanan logistik adalah faktor penting dalam setiap pertempuran,” ucap Nuning sapaan akrab Susaningtyas NH Kertopati, Kamis (17/11/2022).

Perempuan yang sempat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 ini menilai, penunjukan Kementerian Pertahanan (Kemhan) oleh Presiden Jokowi sebagai leading sector untuk mengurusi masalah krisis pangan dinilai tepat.

“Tepat, ya. Untuk melakukan berbagai inisiatif dan sekaligus akselerasi kemandirian pangan, terutama di Kawasan perbatasan dan wilayah yang terisolasi,” ucapnya.

Nuning menyebut, sektor pertahanan dapat dianggap sebagai yang paling siap untuk digerakan dalam membangun Cadangan Logistik Strategis (CLS) dalam waktu singkat.

Sebab dapat menggunakan kekuatan TNI yang bersifat kewilayahan.

Sumber : Sindonews.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image