Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Republika News

Upacara Bendera Momentum Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air

Sekolah | Monday, 14 Nov 2022, 09:35 WIB

Hari ini, Senin (14/11/2022) SD Insan Kamil Kota Bogor kembali melaksanakan Upacara Bendera yang bertempat di lapangan upacara sekolah. Upacara bendera hari senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Doc Pribadi M Rusdi

Dalam amanatnya, Indra Riadi, selaku pembina upacara berpesan agar selalu meingkatkan kemampuan diri, utamanya dalam rangka hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, menjadikan momentum untuk lebih cinta kepada Negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Upacara tersebut banyak terkandung nilai nilai yang dapat kita ambil diantaranya :

sd insan kamil kota bogor

Disiplin diri

Upacara bendera bermanfaat untuk melatih siswa untuk mendisiplinkan dirinya. Disiplin dalam hal ini adalah terhadap waktu. Upacara bendera dilaksanakan tepat pada waktu yang telah diatur dalam jadwalnya. Siswa harus datang lebih awal agar tidak telat mengikuti upacara.

https://www.insankamil.sch.id

Berpenampilan rapi

Sebagai peserta upacara bendera, siswa harus berpakaian seragam, mengenakan atribut dan perlengkapan upacara bendera. Memakai topi sekolah dan dasi sesuai aturan di sekolah tersebut.

https://www.insankamil.sch.id

Tenggang rasa

Pelaksana upacara adalah siswa di kelas sendiri atau kelas lain yang menjadi pelaksana upacara. Oleh sebab itu, sebagai peserta upacara perlu tenggang rasa terhadap pelaksana upacara. Kesalahan atau kekeliruan dalam pelaksanaan bukan untuk ditertawakan melainkan jadi pelajaran agar tidak terjadi pada kelas siswa sendiri.

Cinta Tanah air

Saat pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia raya, siswa bersikap sempurna dan hormat pada bendera. Penaikan bendera melambangkan kesuksesan bangsa Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan. Sebagai wujud cinta tanah air, siswa harus khidmad pada proses tersebut.

Sosial dan kebersamaan

Upacara bendera memupuk rasa sosial dan kebersamaan. Upacara bendera akan berjalan lancar dan sukses berkat rasa sosial dan kebersamaan yang dimiliki oleh peserta upacara.

Amanat Pembina Upacara

Dalam upacara tersebut, di umumkan juga guru guru terbaik berdasarkan penilaian kinerja, mereka adalah guru dengan dedikansi tinggi dan totalitas dalam bertugas

guru dan tenaga kependidikan terbaik
guru dan tenaga kependidikan terbaik

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image