Jadilah Wanita Hebat Sehebat R.A Kartini

Image
Erna Erna
Sejarah | Friday, 11 Nov 2022, 16:10 WIB

R. A KARTINI salah satu pahlawan Indonesia yang memiliki rasa keperdulian terhadap para wanita Indonesia, dimana saat itu wanita di pandang rendah, bahkan sering terjadi nya penindasan kepada para wanita.

R.A KARTINI Selain memperjuangkan kesetaraan kaum hawa, RA Kartini juga memperjuangkan bidang sosial, hukum, serta khususnya pendidikan. Revolusi industri merupakan momen yang harus dimanfaatkan karena merupakan potensi bagi para perempuan untuk bekerja di industri digital.

Bukan hanya itu saja perjuangan kartini terhadap perempuan Dia memulai perjuangannya dengan mendirikan sekolah untuk perempuan bangsawan, yang punya maksud bahwa para perempuan pribumi akan dapat memperbaiki kedudukan kaum perempuannya. Cita-cita dan semangat perjuangannya.

Kartini jugatidak berhenti menambah wawasannya dengan membaca koran dan buku yang bertema sastra, sosial, dan politik. Bertekad kuat, tegas, dan pantang menyerah. R.A. Kartini tidak pernah menyerah menghadapi diskriminasi sosial kepada perempuan pada masa itu.

R. A kartini, perjuangannya masih diingat pada saat ini, kepedulian terhadap kaum perempuan, membantu para perempuan menaikan harga diri, bahkan bukan hanya itu saja R. A kartini pada saat itu juga mendirikan sekolah untuk perempuan

Yang kita dapat belajar dari sosok beliau, Kartini tidak membangkang, ia rela berkorban dan meredam ego untuk tetap patuh terhadap orang tuanya. Disamping itu ia juga tetap berusaha untuk menggapai cita-citanya. Menghormati orang lain berarti kita bisa menghargai mereka. Rela berkorban juga berarti kita lebih mementingkan kepentingan bersama dibanding pribadi.

Pesan saya, jadilah wanita kuat sekuat ayah, dan jadilah wanita hebat sehebat ibu, ingat perempuan bukan untuk di manfaatkan, perempuan bukan untuk bahan mainan, perempuan adalah wanita lemah dan lembut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image