Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dian islami

Rasa Aman Berkomunikasi Di Dunia Maya

Info Terkini | Wednesday, 09 Nov 2022, 02:18 WIB

Cyberspace atau disebut juga dunia maya atau mayantar, cyberspace adalah sebuah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak digunakan untuk keperluan komunikasi satu arah dan timbal balik secara online. Dunia maya merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, transduser, koneksi, transmisi, prosesor, sinyal, pengontrol) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, ponsel, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) di seluruh dunia secara interaktif.

Istilah dunia maya telah menjadi saran konvensional untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet dan budaya internet yang beragam. Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengakui teknologi informasi yang saling berhubungan dan jaringan infrastruktur teknologi informasi yang saling bergantung yang beroperasi di media ini sebagai bagian dari infrastruktur nasional Amerika Serikat (AS) yang penting. Di antara individu-individu di dunia maya, diyakini bahwa ada kode aturan dan etika yang saling menguntungkan untuk dipatuhi, yang di kenal sebagai cyberethics. Banyak orang memandang hak atas privasi sebagai hal terpenting bagi kode etik di dunia maya yang fungsional. Tanggung jawab moral seperti itu berjalan seiring ketika bekerja online dengan jaringan global, khususnya, ketika opini terlibat dengan pengalaman sosial online.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknologi saat ini merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang drastis dan pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya inovasi dan penemuan yang sederhana hingga yang kompleks. Perkembangan teknologi juga merupakan dasar untuk mengembangkan suatu negara. Salah satunya adalah kemajuan suatu negara berdasarkan sejauh mana ilmu pengetahuan dan teknologi di kuasai.

Kehidupan manusia saat ini tidak lepas dari kemajuan teknologi mengingat zaman yang telah berkembang pesat. Keberadaan teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan lingkungan sekitarnya seiring dengan perkembangan zaman. Namun, masyarakat dan lingkungan sekitar harus berhati-hati dengan komunikasi online karena di media maya banyak sekali orang jahat yang bisa melacak akun pribadi kita, melacak informasi, dan melakukan penipuan di dunia maya.

Banyak penipuan yang menggunakan media digital semakin intensif. Penipuan digital paling banyak terjadi pada generasi yang lebih tua karena mereka adalah para digital immigrant yang masih dalam tahap memahami penggunaan media digital dengan baik dan benar. Sebagian besar dari mereka masih perlu diingatkan untuk tidak menyebarkan informasi pribadi secara sembarangan, juga informasi orang lain. Selain itu, mereka juga harus ingat untuk tidak mengklik tautan yang diterima melalui obrolan atau saat berselancar, karena dapat membahayakan keamanan perangkat yang mereka gunakan dan bahkan mengakibatkan kebocoran data. Mereka bahkan harus mewaspadai penipuan email dengan berpura-pura menjadi customer service e-commerce, dan meminta data KTP pribadi.

Teknologi dan penggunaannya yang semakin meningkat, membawa banyak dampak positif dan negatif. Tentu positifnya kita semua harus mensyukuri banyaknya manfaat dan kemudahan yang didapat dari teknologi ini misalnya kita bisa melakukan transaksi perbankan kapan saja dengan e-banking, e-commerce juga memudahkan kita untuk membeli atau menjual suatu barang tanpa mengetahui tempatnya. Mencari referensi atau informasi tentang ilmu pengetahuan juga tidak sulit dengan adanya e-library dan banyak kemudahan lain yang didapat dengan berkembangnya internet.

Dampak negatif yang tidak kalah dengan manfaat yang ada. Internet membuat kejahatan yang semula konvensional seperti ancaman, pencurian dan penipuan kini dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer online dengan resiko yang sangat kecil untuk ditangkap oleh individu maupun kelompok dengan akibat kerugian yang lebih besar baik bagi masyarakat maupun negara disamping kerugian yang ditimbulkan. menyebabkan kejahatan baru. Banyaknya dampak negatif yang muncul dan berkembang, membuat paradigma bahwa tidak ada komputer yang aman kecuali terkubur dalam tanah sedalam 100 meter dan tidak memiliki koneksi apapun. Internet harus bermanfaat dan menciptakan nilai positif bagi orang banyak.

Namun nyatanya selalu ada efek buruknya, terutama bagi pengguna pemula seperti anak-anak atau remaja. Banyak orang terkadang tidak menyangka bahwa ada dampak positif dan negatif dari internet ketika mereka menggunakan internet. Terlepas dari alasan bekerja, kedua efek ini terkadang tidak disadari meskipun saling terkait. Dampak positif seperti internet merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi, namun informasi yang diterima juga dapat berupa informasi yang mengarahkan opini pembaca untuk berpihak pada sesuatu atau bertujuan untuk membenci sesuatu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image