Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Hikmah di Balik Sholat Gerhana

Agama | Tuesday, 08 Nov 2022, 21:59 WIB

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa akan terjadi gerhana bulan total pada hari Selasa (8/11/2022). Pada masa awal Islam, sebagian orang memaknai fenomena alam ini dengan beragam tafsir. Ada yang menyebutnya pertanda kematian Ada pula yang memahaminya sebagai pertanda terjadinya sebua peristiwa.

Benarkah demikian? Fenomena gerhana bulan, dalam ajaran Islam merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Di momen tersebut, disyariatkan melaksanakan shalat sunnah gerhana bulan atau dikenal dengan sebutan shalat khusuf.

Banyak hikmah yang bisa di ambil dari peristiwa sholat gerhana ini, antara lain:

1. Manfaat shalat gerhana bulan pertama yakni mengingatkan tanda-tanda hari kiamat.

2. Manfaat shalat gerhana bulan selanjutnya menghadirkan rasa takut akan azab Allah. Diriwayatkan bahwa dalam salat kusuf, Rasulullah SAW diperlihatkan oleh Allah surga dan neraka, bahkan Nabi SAW ingin mengambil setangkai dahan dari surga untuk diperlihatkan kepada mereka. Nabi SAW juga diperlihatkan berbagai bentuk azab yang ditimpakan kepada ahli neraka. Karena itu, dalam salah satu khutbahnya selesai salat gerhana, Nabi SAW bersabda, "Wahai umat Muhammad, demi Allah, jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." (H.R. Muttafaq alaih).

3. Sebagai bentuk pengakuan atas kebesaran Allah SWT. Dalam hadits lain disebutkan tuntunan Islam saat terjadi gerhana bulan maupun matahari:

Telah menceritakan kepada kami, Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami, Zaidah berkata, telah menceritakan kepada kami, Ziyad bin ‘Ilaqah, dia berkata: “Aku mendengar Al-Mughirah bin Syu’bah berkata, “Telah terjadi gerhana matahari ketika wafatnya Ibrahim. Kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka berdoalah kepada Allah dan dirikan sholat hingga (matahari) kembali tampak.” (H.R. Al-Bukhari).

4. Manfaat shalat gerhana lainnya yakni mengusir Kesyirikan dan Takhayul. Gerhana bulan bukan terjadi karena adanya kematian atau kelahiran, namun merupakan salah satu bukti kekuasaan Allah.

5. Manfaat shalat gerhana bulan selanjutnya yakni semakin mempertebal iman kepada Allah yang begitu sempurna menciptakan bulan dan matahari.

Meskipun hukum dari shalat gerhana bulan atau matahari hanya bersifat sunnah, akan tetapi banyak hikmah yang bisa kita ambil, seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, sebagai bentuk pembelajaran, pendidikan serta menjalankan sunnah Nabi, SMP Al-Hikmah Boarding School Batu melaksanakan shalat gerhana bulan.

Penjelasan singkat mengenai shalat gerhana dan tata cara pelaksanaannya
Shalat Gerhana Bulan

Shalat gerhana bulan kali ini dilaksanakan di Masjid Al-Fuqon yang berada di Al-Hikmah Boarding School. Dilaksanakan tepat setelah shalat maghrib dan diikuti oleh seluruh siswa SMP dan SMA Al-Hikmah Boarding School dan juga para guru. Di awali dengan penjelasan singkat mengenai shalat gerhana dan tata cara pelaksanaannya, dilanjutkan dengan melakukan shalat gerhana dan diakhiri dengan khutbah.

Khutbah Setelah Shalat Gerhana Bulan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image