Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ardiannsyah

Tauge Goreng Makanan Khas Betawi Dan Cara Membuatnya

Kuliner | Thursday, 27 Oct 2022, 11:08 WIB

Olahan sayur mayur menjadi sajian wajib bagi sebagian orang. Menikmati kesegaran sayur tidak hanya memanjakan lidah, namun juga sekaligus mencukupi kebutuhan vitamin dan serat untuk tubuh. Kandungan vitamin di dalamnya tidak hanya memperkuat imun tubuh, tetapi juga banyak memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Begitu juga saat anda mengonsumsi sayur tauge. meski memiliki bentuk kecil, namun sayur tauge juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah kanker.

Tauge goreng juga salah satu kudapan tersohor di kalangan masyarakat betawi yang begitu menggugah selera. Rasa tumisan tauge dipadu dengan bumbu yang gurih dan lezat sangat terasa memanjakan lidah. Selama ini, tauge goreng biasa disajikan oleh orang betawi sebagai hidangan pada saat acara pengajian keluarga. Konon, makanan ini melambangkan eratnya persaudaraan atau kekeluargaan.

Tauge goreng juga banyak di perjual belikan oleh pedangan-pedagang kaki lima yang biasa di pinggir jalan. Harga untuk satu porsi tauge goreng biasanya berada dikisaran 10 ribu rupiah.

foto by ardiansyah

Panganan yang sudah biasa jadi menu sarapan warga Jakarta dan sekitarnya ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik. Salah satunya adalah adanya sejumlah pantangan yang dipercaya oleh para pembuatnya. Konon jika pantangan ini dilanggar akan mempengaruhi hasil serta citarasa dari tumis tauge saat dihidangkan. Meski begitu, mitos tersebut masih dipercaya oleh sabagian orang yang ingin membuat olahan tauge ini. Walaupun memang sebenarnya tidak ada pengaruh apapun, citarasa yang di hidangkan selama pembuatannya benar, akan tetap terasa gurih dan lezat.

Selain itu, olahan tauge juga bagus untuk dikonsumsi, apalagi dengan kandungan vitamin dan serat yang sangat berguna untuk tubuh kita. dengan citarasanya yang lezat, dijamin anda bakal ketagihan menyantap hidangan ini.

Cara membuat tauge goreng ini tidak sulit. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Mari kita coba bikin resep tauge goreng khas betawi ini.

Cara membuat tauge goreng khas betawi.

1. Cuci bersih tauge sampai benar-benar bersih, lalu rendam. Siapkan wadah untuk untuk menghaluskan oncom, daun bawang dan tomat.

2. Siapkan juga panci dan masukan air lalu didihkan. kemudian masukan tauge, masak selama 2 menit, angkat dan tiriskan.

3. Masak oncom hingga matang, haluskan bawang merah dan putih, cabai merah dan rawit, dan lengkuas. Tumis hingga harum.

4. Jika sudah mengeluarkan aroma harum, masukan tomat dan bawang. Masak hingga tomat lunak atau hancur.

5. Setelah itu, masukan tauge, tauco, gula pasir, garam secukupnya. Masak tumis hingga matang dan mengental.

6. Kemudian taruh tauge yang sudah di tumis tadi di atas piring dan tambahkan pelengkap lainnya, dan tumis tauge siap di hidangkan.

foto by ardiansyah

Seperti itulah kira-kira pembuatan tauge goreng, anda bisa membuatnya dengan keluarga dirumah. Dan disajikan dengan minuman hangat atau panas seperti teh manis, terlebih-lebih anda menikmatinya disaat sedang bersama-sama dengan keluarga atau kerabat dirumah, dan itu akan lebih terasa keharmonisannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image