Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Medium Info

Semarakkan Muktamar Muhammadiyah ke-48, UM Metro Angkat Tema Gerakan Ekonomi Muhammadiyah

Edukasi | Thursday, 27 Oct 2022, 06:22 WIB
Foto bersama Seminar Nasional Pra-Muktamar UM Metro, Sumber: Dok Pribadi

Gelora Muktamar sudah sangat dirasakan warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia, terutama di Provinsi Lampung. Hal tersebut telah terbukti dengan diselenggarakannya 4 Seminar Nasional pra-muktamar di beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring sehingga terbuka untuk umum.

Seminar Pra-Muktamar merupakan rangkaian kegiatan di beberapa wilayah untuk menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 November 2022 mendatang.

Universitas Muhammadiyah Metro mendapat kesempatan untuk ikut menyemarakkan muktamar dengan menggelar Seminar Pra-Muktamar Muhammadiyah dengan mengusung tema “Gerakan Ekonomi Muhammadiyah” secara hybrid di Aula Gedung HI UM Metro, Rabu (26/10/2022).

Dalam sambutannya, Jazim Ahmad selaku Rektor UM Metro mengungkapkan bahwasanya UM Metro siap untuk ikut serta menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ke-48.

“Insya Allah UM Metro siap ikut serta dalam menyemarakkan Muktamar kali ini, seperti yang telah diamanahkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung kepada UM Metro untuk menyelenggarakan Seminar,” ungkapnya.

Selain itu, beliau menjelaskan jika kelompok Aisyiyah UM Metro juga akan turut menyemarakkan muktamar dengan mengadakan lomba menghias tumpeng dan bersepeda ria pada 13 November mendatang.

Disisi lain, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Prof. Marzuki menegaskan bahwasannya terdapat 5 sub pemikiran dari Lampung yang akan diusung pada Muktamar Muhammadiyah ke-48 kali ini.

“Sub yang akan Lampung paparkan dalam menyemarakkan Muktamar kali ini terdiri dari 5 topik, yang pertama seputar Keagamaan, kedua mengenai pendekatan Wasyahadah dalam gerakan berdakwah, ketiga mengenai ekonomi salah satunya gerakan ekonomi muhammadiyah, keempat mengambil konsep hukum dan ketatanegaraan sebagai bagian dari pemikiran untuk berkhidmaf dikebangsaan, dan terakhir seputar pendidikan,” ujarnya.

Prof. Marzuki menambahkan bahwa sub tema tersebut nantinya akan dibahas dalam seminar pra-muktamar ini dan masing-masing PTM yang telah menyelenggarakan seminar akan memiliki satu rumusan prosiding yang dapat digabungkan sehingga menjadi sebuah pemikiran dari Lampung.

Perlu diketahui, Seminar Nasional Pra-Muktamar ini menghadirkan 2 narasumber yang berkompeten di bidang Ekonomi, yaitu Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.S. selaku Anggota Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah sekaligus Rektor UM Kalimantan Timur dan Dr. Febriyanto, S.E., M.M. selaku Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image