Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eva Elvina

KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENGHAMBAT PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Ekonomi Syariah | Tuesday, 18 Oct 2022, 20:25 WIB

Oleh : Eva Elvina C1F020012

Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu yang bisa diambil atau dimanfaatkan dari alam karena memiliki nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber Daya Alam di Indonesia sendiri sangat beragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.Sumber daya alam sendiri terdiri dari beberapa jenis dan dapat dimanfaatkan untuk banyak tujuan. Meski begitu, sumber daya alam tidak boleh hanya dimanfaatkan begitu saja, tetapi juga perlu adanya pelestarian dari manusia yang bertanggungjawab.

Di era globalisasi ini seharusnya bukan hanya kemajuan teknologi saja yang di perhitungkan, seharusnya faktor pendukung seperti lingkungan juga harus diperhatikan.Karena pada dasarnya terciptanya suatu negara yang maju harus diimbangi dengan pengetahuan tentang lingkungan yang sehat dan pola hidup yang sehat, tetapi yang terjadi saat ini bukanlah seperti yang kita harapkan. Pembangunan hanya dapat berkelanjutan bila ada keharmonisan hubungan antara ekonomi, lingkungan, dan pengelolaan sumber-sumbernya. Konsep Ekonomi Lingkungan dapat disimpulkan bahwa dalam memanfaatkan sumber daya alam harus diarahkan pada upaya peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat, pencapaian pertumbuhan ekonomi dan mengembalikan fungsi lingkungan. Sehingga hubungan keterkaitan antara upaya pencapaian dan peningkatan target pertumbuhan ekonomi, pengentasan masyarakat dari kemiskinan melalui peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi dan upaya untuk melestarikan Lingkungan merupakan tujuan yang saling mendukung untuk jangka panjang.

Kelangkaan adalah sebuah permasalahan yang kompleks dimana akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan kita. kelangkaan adalah kondisi dimana manusia tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya karena sumber daya alam atau hasil bumi telah habis dan tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi apa yang kita butuhkan. Dalam dunia ekonomi bisa dikatakan bahwa kelangkaan merupakan kondisi dimana kebutuhan manusia lebih banyak dari pada produk yang tersedia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kelangkaan merupakan salah satu masalah serius yang harus diperhatikan. Karena jika tidak segera diselesaikan maka kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat akan hilang.

Jika sumber daya alam itu dapat kita manfaatkaan dengan maksimal, maka tidak ada lagi rakyat yang kekurangan sandang pangan, bahkan sebaliknya mereka akan mempunyai kehidupan yang berkecukupan dalam kegiatan ekonominya, ekonomi sendiri merupakan suatu ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, konsumsi, dan distribusi dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang dapat berupa barang atau jasa agar dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh manusia secara langsung.

Semakin berkembangnya Sumber Daya Alam dengan baik maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya dan apabila Sumber Daya Alam dapat dikelola atau dimanfaatkan dengan sebaik mungkin maka dapat menunjang laju pertumbuhan perekonomian di Indonesia karena Sumber Daya Alam di Indonesia sangat melimpah maka seharusnya dengan SDA tersebut maka perekonomian dapat berkembang dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image