Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alya Sifaudin

Belajar bahasa Inggris Informal itu Penting

Eduaksi | Monday, 17 Oct 2022, 14:18 WIB
Fimela.com

Bahasa merupakan sebuah media yang kita gunakan untuk saling berinteraksi satu sama lain, tanpa bahasa mungkin kita tidak dapat saling bertukar informasi sesama manusia. Teramat banyak jenis bahasa di dunia ini, Indonesia sendiri bahkan memiliki kurang lebih 652 jenis bahasa dari Sabang hingga Merauke. akan tetapi sebanyak 652 bahasa yang ada di Indonesia ini juga hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi domestik, artinya meskipun bahasa yang dimiliki oleh negara kita cukup banyak akan tetapi hanya bisa digunakan sebagai media komunikasi antar warga sekitar saja.

Di dunia ini mungkin hanya beberapa jenis bahasa saja yang bisa digunakan sebagai media komunikasi yang berlaku di seluruh wilayah. Salah satu bahasa tersebut ialah bahasa Inggris. Bahasa Inggris sendiri dapat menjadi bahasa Internasional tidak terjadi begitu saja. penggunaan bahasa Inggris sebagai sebagai bahasa Internasional tidak terlepas dari Kekuasaan Britania Raya yang menguasai 1/3 dunia. Selian itu negara Inggri juga merupakan pemegang Hak Veto PBB. Alhasil ditetapkanlah bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang hampir tiap negara menggunakan bahasa ini, bahkan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan.

Akan tetapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di sekolahan seringkali memang menggunakan bahasa Inggris secara formal. Meskipun tidak bernilai salah akan tetapi hanya memahami bahasa Inggris secara formal pasti akan menjadikanmu orang yang sangat membosankan karena bicara dengan logat yang sangat baku, baik dan benar. maka dari itu menurutku sebagai orang yang suka bercanda dan slengean belajar bahasa Inggri informal sama pentingnya seperti belajar bahasa Inggris formal. Kenapa sama pentingnya karena belajar bahasa formal dan informal akan sama-sama berguna di beberapa kesempatan yang berbeda. Ketika di acara resmi kiranya memang perlu untuk menggunakan bahasa Inggris formal akan tetapi pada saat bertemu teman atau kolega kiranya akan sangat menjemukan apabila kita berinteraksi menggunakan bahasa formal dan lebih baik menggunakan bahasa Inggris informal dengan beberapa kosa kata slang.

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris Informal?

Perbanyak Kosakata

Inti dari segala inti dari belajar bahasa tentu saja adalah penguasaan kosa kata. Bukan hanya bahasa Inggris akan tetapi seluruh bahasa pasti memiliki kosakatanya masing-masing. Dalam bahasa Inggris terdapat grammar yang merupakan susunan kata yang mengatur tata bahasa Inggris agar bahasanya menjadi mudah dipahami dan informasi yang berusaha di sampaikan dapat dengan mudah tersalurkan. Di bawah ini beberapa contoh kosakata informal bahasa Inggris yang mungkin belum kamu ketahui dan dapat kamu gunakan untuk memperkaya perbendaharaan kata yang kamu miliki.

1. Also > Additionally = Juga

2. Anyway > Nevertheless = Bagaimapun

3. Ask > Enquire = Bertanya

4. Ask for > Request = Meminta

5. Begin > Commence = Memulai

6. Blow up > Explode = Meledak

7. Book > Reserve = Memesan

8. But > However = Tetapi

9. Buy > Purchase = Membeli

10. Cheap > Inexpensive = Murah

11. Check > Verify = Memeriksa

12. Climb > Ascend = Memanjat

13. Death > Demise = Kematian

14. End > Terminate = Mengakhiri

15. Empty > Vacant = Kosong

16. Get > Receive = Menerima

17. Get > Obtain = Mendapatkan

18. Give > Provide = Memberi

19. Go > Depart = Pergi

20. Happy > Pleased = Senang

21. Help > Assist = Membantu

22. Hopeless > Futile = Putus harapan

Belajar Grammar

Sebelum seseorang dengan mahir bicara bahasa Inggris informal pastinya terlebih dulu ia harus belajar bahasa Inggris formal. Sebagai warga negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari wajar saja jika kita harus belajar lebih ekstra agar bisa fa fi fu belajar bahasa Inggris. Bicara bahasa Inggris informal bisa dikatakan adalah next level dari kemampuan bahasa Inggris. Karena seringkali dalam berbicara menggunakan bahasa informal terdapat beberapa kosa kata yang jika diartikan secara harfian berarti A akan tetapi maksud yang ingin disampaikan berarti B. Maka dari itu belajar grammar sangat penting untuk terlebih dahulu dikuasai agar nanti bisa improve ketika berbicara. Salah satu grammar yang cukup penting untuk dipelajari seperti conditional sentence Bahasa Inggris, Conditional Sentence merupakan kalimat pengandaian seperti mengandaikan sesuatu padahal belum atau tidak mungkin terjadi. Ketika kamu menguasai conditional sentence kamu bisa ngobrol secara informal dengan teman dekatmu lo.

Sering Berbicara Bahasa Inggris

Salah satu cara menguasai suatu bahasa Inggris tentu saja dengan konsisten sering berlatih speaking. dengan sering berbicara bahasa Inggris kamu jadi tahu sejauh mana penguasaanm dalam bahasa Inggris. Apalagi jika kamu sering berlatih speaking dengan native pasti akan banyak kosakata-kosakata baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Bahkan banyak orang-orang yang ketika pulang dari luar negeri cara dia berbicara sangat-sangat berbeda. Maka dari itu jangan sungkan-sungkan untuk melatih speakingmu. Apabila belum berkesempatan bertemu dengan native saat ini bisa banget kok ngobrol dengan native dengan hanya bermodal internet dan VPN.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image