Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

Semarak Muktamar ke-48: Fakultas Teknik UMJ gelar Nonton Bareng Film Jejak Langkah 2 Ulama

Edukasi | Monday, 17 Oct 2022, 10:13 WIB
Nonton bareng Film Jejak Langkah 2 Ulama di Aula Rufaidah FIK UMJ, Pada 14 Oktober 2022. Dok Humas FTUMJ

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Muktamar Muhammadiyah ke-48, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelenggarakan Nonton Bareng film Garapan LSBO PP Muhammadiyah. kegiatan ini dilakukan pada tanggal 14 Oktober 2022 di Aula Rufaidah Fakultas Ilmu Keperawatan UMJ. Selain memeriahkan Muktamar ke-48, kegiatan ini juga sebagai pengganti Kajian Rutin AIK dan Tahsin mahasiswa kelas Reguler. Penonton yang mendaftar terdapat 265 penonton yang berasal dari Dosen, Tendik, Alumni, dan Mahasiswa Fakultas Teknik UMJ.

Film yang diputar berjudul Jejak Langkah 2 Ulama. Film yang berdurasi 2 jam 30 menit ini menceritakan 2 orang lelaki yang mengemban ilmu bersama agar bisa diajarkan pada orang-orang dizamannya. Kedua lelaki tersebut bernama Ahmad Dahlan dan Hasyim Asy'ari. Kebetulan mereka sedang belajar pada guru yang sama yang bernama Kyai Shaleh Darat. Kemudian mereka mendirikan dua organisasi Islam tertua dan terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah yang didirikan oleh Ahmad Dahlan dan Nahdlatul Ulama yang didirikan oleh Hasyim Asy’ari. Selain itu diceritakan juga segala kendala yang mereka hadapi dalam membangun organisasi ini.

Nonton bareng Film Jejak Langkah 2 Ulama di Aula Rufaidah FIK UMJ, Pada 14 Oktober 2022. Dok Humas FTUMJ

Tanpa bermaksud mengenyampingkan peran ormas Islam yang lain, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama merupakan dua organisasi yang ikut andil sangat besar dalam kemerdekaan bangsa Indonesia dari pengaruh penjajah, serta secara konsisten terus memberikan pengabdiannya kepada umat, bangsa dan negara Indonesia hingga saat ini.

“Meskipun dalam hal khilafiyah ada beberapa perbedaan, namun sejatinya Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama memiliki banyak persamaan. Salah satunya, pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan dan pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari merupakan santri dari Kyai Shaleh Darat yang merupakan ulama besar dari Semarang. Keduanya merupakan murid dari guru yang sama.” Ucap Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMJ.

Nonton bareng Film Jejak Langkah 2 Ulama di Aula Rufaidah FIK UMJ, Pada 14 Oktober 2022. Dok Humas FTUMJ

Melalui Film Jejak Langkah 2 Ulama, kita dapat banyak belajar dan mengetahui latar belakang berdirinya dua organisasi besar yang ada di Indonesia. Selain itu kita juga dapat melanjutkan nilai nilai perjuangan dari 2 ulama besar tersebut.

“Kita harus tahu bagaimana memaknai perbedaan dan kemudian menyatukan persamaan. Tentu ini akan menjadi kekuatan besar bagi umat Islam maupun bangsa Indonesia.” Ujarnya.

Baca Juga: Peran Penting Mahasiswa dalam Jurnalistik Berkolaborasi Bersama WATCHDOC

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image