Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image yan osmana

Berlomba Menjadi Manusia Ciptaan Tuhan

Curhat | 2022-10-13 07:01:58

Berlomba Menjadi Manusia Ciptaan Tuhan

" Kita Diciptakan dari tanah, hidup dibumi, mati dikubur ditanah. Kenapa masih bersifat langit".

Adem

Sering saya baca maupun mendengar kalimat bijak yang menggambarkan sifat kesombongan tersebut. Dalam sekali artinya sih, karena bagaimanapun juga, kita sebagai manusia memang memiliki unsur negatif. Jadi kalau ada yang punya sifat sombong, ya itulah manusia, dalam tanda petik belum tahu apa hakekatnya manusia hidup dibumi. Hahaha boleh lah saya tertawa sebentar.

Ujian, hawa nafsu dan syahwat adalah tiga unsur yang ada di dalam diri manusia. Jadi selama ruh masih bersemayam dalam tubuh dalam hal ini jasmani, maka tidak akan lepas dari yang namanya ujian terus keinginan hawa nafsu yang selalu bertentangan dengan keinginan tuhan. Ambil contoh saja saat berpuasa dibulan romadhon. Ruh atau qolbu sangat senang berpuasa tetapi jasad kita selalu ingin makan minum yang enak-enak. Ditambah lagi gempuran gejolak syahwat yang terus menggebu-gebu.

Hakekatnya tiap detik menit, jam, hari kita selalu berjuang. Melawan ketiga unsur tersebut, agar menjadi manusia sesuai keinginan alloh SWT. Dan selalu berdoa, selalu meminta tolong, meminta petunjuk darinya. Agar orang-orang seperti saya yang sangat tidak sempurna imanya, selalu diberi penjagaan dan kekuatan dalam memerangi ketiga unsur itu yang dominan negatif dari pada positifnya.

  • #y
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Terpopuler di

    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image