Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Trimanto B. Ngaderi

70 Resep Minyak Zaitun (Bagian 1)

Edukasi | Wednesday, 12 Oct 2022, 14:14 WIB

70 RESEP MINYAK ZAITUN (Bagian 1)

Para ilmuwan Barat menaruh perhatian yang sangat besar terhadap minyak zaitun. Mereka meyakini sebagai obat mujarab yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang paling ringan hingga memiliki gejala kronis seperti kanker.

Mereka menjadikan minyak zaitun sebagai pengobatan alternatif. Bahkan di Inggris, ada resep-resep populer yang diwariskan oleh nenek-moyang kepada generasi berikutnya. Resep-resep tersebut akhirnya menyebar luas sehingga banyak orang yang mengikutinya.

Sumber gambar: https://merdeka.com

Buku “The Essential Olive Companion” yang menyebar luas dan sangat terkenal di benua Eropa berisi banyak sekali resep yang digunakan sebagai terapi dan obat dari berbagai macam penyakit, di antaranya:

1. Jantung dan pengerasan pembuluh darah

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dapat membantu mengobati penyakit jantung dan pengerasan pembuluh darah. Resep: minum 1 sdt minyak zaitun setiap hari.

2. Sembelit kronis

Campur 10 gr bubuk biji fenugreek (biji kelabet) dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1, minum campuran ini 4x sehari.

3. Wasir

Sejumlah wormwood dibakar hingga menjadi arang. Campur dengan 2 cangkir minyak zaitun, biji jinten dan gula 1 sdt; lalu disaring. Dubur dicuci dengan air hangat terlebih dahulu lalu dikeringkan. Permukaan dubur diolesi campuran tadi 2x sehari.

4. Rematik persendian

Persendian dipijat dengan bunga krisan. Lalu buat ramuan dengan memasukkan sejumlah bunga kelopak kuning dan lumuri dengan minyak zaitun dengan gelas tertutup. Jemur selama dua minggu. Setelah itu saring bersama perasan bunga tersebut dengan potongan kain kasa.

5. Perawatan rambut

Gosok rambut dengan campuran minyak zaitun, kuning telur, dan jus lemon selama 5 menit. Lalu basuh dengan air.

6. Kulit kering

Campurkan buah alpukat dan minyak zaitun dan usapkan ke permukaan kulit selama 10 menit, lalu basuh dengan air.

7. Jerawat

Kulit diolesi dengan campuran minyak zaitun (250ml) dan minyak lavender (10 tetes).

8. Ketombe

Gosok rambut dengan minyak zaitun dan cologne, lalu basuh dengan air.

9. Perawatan kulit

Kompres kulit dengan buah zaitun matang yang ditumbuk.

10. Menghangatkan tangan dan kaki

Olesi tangan atau kaki dengan campuran minyak zaitun dan gliserin dengan perbandingan 1:1.

11. Tumor

Masukkan tepung gandum ke dalam kuali. Tuangkan air, madu, dan minyak zaitun; panaskan dengan api kecil. Lalu oleskan pada tempat tumor.

12. Sakit punggung, lutut, betis

Haluskan harmel (Afircan rue) lalu tuangkan minyak zaitun. Panaskan hingga mendidih. Teteskan pada bagian yang sakit selama 3 hari.

13. Sakit punggung dan pinggul

Hangatkan minyak ampas zaitun (pomache olive oil) secara perlahan. Buat campuran mentimun, susu, dan cuka dengan perbandingan 1:1:1. Semua bahan dihaluskan, lalu diaduk dengan minyak ampas zaitun dan dipanaskan. Kemudian masukkan bawang putih yang sudah ditumbuk dan garam. Aduk campuran ini sampai menjadi salep. Oleskan pada tempat yang sakit. Di atas olesan diberi kulit mentimun dan biarkan selama 12 jam. Lakukan berulang-ulang.

14. Radang paru-paru

Bubuk susu dicampur dengan beberapa siung bawang putih yang sudah ditumbuh lalu tambahkan minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut ke punggung kaki sebelum tidur. lalu pakailah kaos kaki agar salep tersebut tetap melekat sampai pagi.

15. Lumpuh

Pijat dengan minyak juniper 3x sehari.

16. Cacingan

Rebus segenggam hibiscus dalam 1 liter air kemudian sisihkan. Tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Lalu air sisa rebusan hibiscus disuntikkan dalam keadaan dingin. Gunakan setiap 2 hari sekali.

17. Sakit buah zakar

Masukkan minyak zaitun ke dalam botol dan jemur selama 21 hari. Lalu masukkan kalajengking yang masih hidup ke dalam botol. Oleskan pada buah zakar.

18. Perawatan rambut kering

Celupkan kapas pada minyak zaitun dan letakkan pada rambut hingga menyentuh seluruh kulit kepala. Kemudian pijat pelan-pelan. Celupkan kain ke dalam air hangat dan letakkan pada kepala. Lakukan selama 15 menit hingga 1 jam.

19. Sebagai minyak rambut

Campur cologne dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:3. Oleskan merata pada rambut.

20. Mencegak kerontokan

Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun selama beberapa menit.

Referensi:

Prof. Dr. Sa’id Hamad, 70 Resep Sehat Dengan Minyak Zaitun, Aqwam Media Profetika, Solo, 2014.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image