Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fatoni

YUTUB, AJANG PERKENALAN MAHASISWA BARU PBA-UMM

Edukasi | Tuesday, 11 Oct 2022, 07:38 WIB

Mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang (PBA-UMM) mengikuti perkemahan yang dikemas dalam acara Yaumu Ta'aruf Araby (YUTUB) pada Sabtu (8/10/2022). Kegiatan tahunan yang digelar selama dua hari, kali ini menempati lokasi di Bumiaji, kota Batu. Tujuan diselenggarakan YUTUB di antaranya agar mahasiswa baru PBA-UMM memiliki kepercayaan diri berkomunikasi dengan bahasa Arab serta memberi kesan bahwa bahasa Arab mudah dipelajari dan menyenangkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Selain itu, penyelenggaraan YUTUB diharapkan dapat mengakrabkan antar mahasiswa baru PBA-UMM dalam bingkai ukhuwah Islamiyah.

“Kegiatannya seru banget. Apalagi dengan adanya kakak-kakak senior dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBA-UMM, kita menjadi lebih asyik karena diselingi game, penuh kekeluargaan dan kebersamaan.” Ujar Indah Permata Sari, mahasiswi baru PBA asal Kalimatan. Indah berharap kegiatan YUTUB bisa membangun kepribadian setiap mahasiswa baru PBA-UMM sebelum memasuki dunia perkuliahan.

Senada dengan Indah, Khairul Anam juga merasakan keseruan acara YUTUB. Khairul yang asli Ponorogo itu bersyukur bisa ikut acara YUTUB yang kebetulan berbarengan dengan peristiwa “Tragedi Kanjuruhan” yang menewaskan lebih dari seratus orang. “Beruntung kami mahasiswa baru PBA-UMM kemarin ikut kegiatan YUTUB. Jika tidak, mungkin saja salah satu dari kami ikut nonton laga sengit sepak bola antara Arema FC versus Persebaya ke stadion Kanjuruhan, Malang.”

Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang sebagai peserta YUTUB

Selama dua hari kegiatan YUTUB, mahasiswa baru PBA-UMM juga dikenalkan dengan tradisi kehidupan akademik di Prodi PBA-UMM. Beberapa dosen PBA-UMM ikut hadir memberikan motivasi tentang kebahasaaraban serta mendorong mereka agar mengoptimalkan segenap potensi dan kompetensi para mahasiswa baru.

M. Fadli Ramadhan, salah satu dosen PBA-UMM selaku penanggungjawab acara YUTUB, mengungkapkan bahwa harapan dilaksanakan kegiatan YUTUB kiranya dapat menjalin keakraban dengan saling mengenal antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama, juga mengenali dosen-dosen mereka yang akan mengampu mata kuliah di kampus.

___________

Ahmad Fatoni, pengajar Pendidikan Bahasa Arab UMM

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image