Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image intan febri

KELUHAN KONSUMEN DAN REAKSI PERUSAHAAN

Bisnis | Tuesday, 11 Oct 2022, 00:19 WIB

Konsumen merupakan bagian penting dari kegiatan ekonomi. Konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Perilaku konsumen dibedakan menjadi dua macam, yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen irasional.

Perilaku konsumen rasional merupakan perilaku konsumsi yang memperhatikan kegunaan dan kualitas dari barang sebelum melakukan pembelian, serta memastikan harha barang tersebut sesuai dengan kemampuan konsumen. Sedangkan perilaku konsumen irasional merupakan kebalikan dari perilaku konsumen rasional. Yang mana konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu.

Kepuasan konsumen dapat menjadi penentu dari keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan selalu mementingkan kepuasan dari konsumennya. Kepuasan konsumen juga menjadi factor penting dari membangun sebuah bisnis. Konsumen yang puas tentu akan meningkatkan penjualan dari perusahaan. baik secara langusng maupun tidak langsung.

Survei kepuasan konsumen sangat penting bagi perusahaan. Dari survey tersebut perusahaan dapat mengetahui sejauh mana kepuasan konsumen atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut, serta mencari solusi untuk mengatasi masalah yang ada.

Dengan adanya survey kepuasan pelanggan, dimana pelanggan dapat menyampaikan berbagai keluhan yang dirasakan terkait produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Keluhan konsumen merupakan ungkapan emosional akibat adanya sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, baik yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan maupun dengan pelayanan yang diberikan.

Dengan adanya keluhan yang disampaikan oleh konsumen, maka pihak perusahaan harus mencarikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Reaksi perusahaan terhadap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan sangatlah penting. Karena dengan adanya penyampaian keluhan konsumen dapat mempengaruhi perkembangan bisnis kedepannya. Pelayanan yang baik serta respon yang baik dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tersebut.

Meskipun ada beberapa perusahaan yang mungkin tidak terlalu memperdulikan keluhan dari konsumennya atau bahkan tidak mengadakan survey kepuaan konsumen. Namun alangkah baiknya bgi perusahaan untuk lebih memperhatikan terkait keluhan dan kepuasan dari konsumennya. Para manajer harus mempunyai mekanisme untuk menangani keluhan konsumen. Nomor bebas pulsa bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif dalam menangani keluhan konsumen. Selain itu, perusahaan juga harus menetapkan semacam ganti rugi untuk keluhan konsumen yang sah.

Dalam kondisi seperti ini, pihak perusahaan harus mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam keluhan konsumen. Apabila pada kondisi tersebut terbukti adanya kesalahan dari pihak perusahaan, maka pihak perusahan harus memberikan ucapan maaf dan mengevaluasi untuk kedepannya. Karena pelayanan dan respon yang baik dari perusahaan juga dapat memberikan kesan baik dan kepuasan terhadap konsumen.

Oleh karena itu dalam artikel ini, penulis memberikan pesan terhadap seluruh pihak perusahaan agar lebih memperhatikan lagi terkait keluhan dan kepuasan dari konsumennya. Agar dapat meningkatkan citra baik bagi perusahaan serta mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Dengan hal ini perusahaan dapat dikatakan berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Karena perusahaan yang baik akan mementingkan kepuasan dari konsumennya dan senantiasa meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image