Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fanny Hadi Mustakhim

Fakta-Fakta Menarik Tentang Kampung Inggris Pare, Kediri

Sekolah | Friday, 07 Oct 2022, 20:22 WIB
Sumber: Tokopedia

Mungkin dari beberapa kalangan sudah tidak asing lagi dengan nama kampung inggris. Kampung inggris sendiri berlokasi di Ds. Tulungrejo, kecamatan Pare, kabupaten Kediri. Lalu kenapa kok bernama kampung inggris? Bagimana sejarah berdirinya? Kampung Inggris itu sebenarnya kampung apa? Nah, yang belum tau tentang kampung inggris, pasti pertanyaan ini tebayang-bayang dipikiran kalian.

Kali ini mimin juga akan memberikan sekilas informasi tentang kampung inggris untuk kalian yang belum tau apa itu kampung inggris.

Sekilas Tentang kampung inggris dan Sejarah Berdirinya

Nama kampung inggris sendiri sebenarnya julukan dari dua Desa di kecamatan pare, kabupaten Kediri, yaitu Ds. Tulungrejo dan Ds. Palem. Julukan kampung inggris sendiri sebenarnya mulai di berikan oleh para penduduk sekitar bermula ketika berkembangnya lembaga pendidikan bahasa inggris dari dua Desa tersebut.

Lalu siapakah pendiri dan perintis pertama pendidikan bahasa inggris di kampung inggris pare? Kampung inggris sendiri berdiri bermula ketika ada seorang santri yang ingin belajar bahasa asing pada seorang ustadz yang bernama KH. Ahmad Yazid, sekaligus pendiri pondok pesantren Darul Falah, di Ds. Palem, Kecamatan Pare Kediri. Pada saat itu KH. Ahmad Yazid adalah seorang yang menguasai kurang lebih 8 bahasa asing.

Pada saat itu seorang santri yang telah berhasil berguru dan menguasai bahasa asing dengan KH. Ahmad Yazid, ia pun lalu mendirikan lembaga kursus bahasa inggris pertama di pare kampung inggris, yang mana lembaga kursus pertama itu bernama Basic English Course (BEC), yang didirikan oleh Muhammad Kalend Osein pada tahun 1977. Hal inilah yang menjadi awal mula berdirinya lembaga kursus di pare, yang mana saat ini di kenal dengan Kampung Inggris Pare. Dimana sekarang ini banyak sekali lembaga-lembaga kursus yang berdiri di kampung inggris pare.

Nah, itulah tadi sekilas tentang sejarah kampung inggris pare, yang mana saat ini banyak sekali para siswa-siswa yang berdatangan dari luar daerah, mulai dari Sumatera, Medan, Aceh, Kalimantan, Jakarta, dan luar daerah lainnya untuk belajar bahasa inggris disana. Mulai dari Belajar Grammar, Belajar IELTS, Belajar TOEFL, Belajar TOEIC, dan masih banyak lagi.

Sekarang kita lanjut ke pembahasan inti, yaitu mengenai fakta-fakta menarik tantang Pare Kampung Inggris di Kediri. Nah, apa saja? Simak penjelasan berikut dibawah ini!

Fakta Menarik Kampung Inggris Pare, Kediri

1. Memiliki Suasana Seperti Di Kampus

Tidak hanya penduduk sekitar yang bertempat tinggal disana yang belajar bahasa inggris di kampung inggris Pare sana. Seperti yang sudah di jelaskan diatas tadi, orang yang belajar bahasa inggris disana kebanyakan adalah orang yang berasal dari luar daerah. Selain itu banyak sekali orang-orang yang membuka usaha disana, dari berjualan seperti pedagang kaki lima, warung makan, toko-toko besar layaknya indomaret yang menyediakan bahan kebutuhan lengkap, cafe, tempat kos, toko-toko buku, dan berbagai tempat layaknya di area sekitaran perkampusan.

2. Tidak Semua Orang Aktif Memakai Bahasa Inggris/English Area

Ternyata, meskipun di perkampungan kampung inggris, tidak semua orang-orang disana memakai bahasa inggris lho. Tidak seperti rumor yang beredar dulu, banyak orang-orang yang mengatakan, kalau kita masuk di area kampung inggris diharuskan memakai bahasa inggris. Nyatanya, banyak juga pendududk lokal disana tidak semuanya aktif atau harus memakai bahasa inggris.

Hanya saja, memang beberapa lembaga kursus disana menerapkan English Area untuk para siswanya. Yang artinya, semua siswa-siswa disana diwajibkan memakai bahasa inggris untuk komunikasi meraka sehari-hari dalam waktu 24 jam.

Untuk kalian yang penarasan dan ingin berkunjung atau sekedar mau mampir untuk melihat-lihat suasana kampung inggris itu seperti apa, kalian tidak perlu takut. Karna, memang di sana tidak benar-benar diharuskan memakai bahasa inggris di saat berbicara. Jadi, pakailah bahasa yang sering kalian gunakan sehari-harinya.

3. Orang Berdatangan Hampir Dari Seluruh Nusantara

Yang sudah pernah di singgung seperti diatas tadi. Tidak hanya penduduk sekitar Kediri saja yang belajar bahasa inggris di kampung inggris sana. Banyak para siswa-siswa yang berdatangan hampir dari seluruh Indonesia yang belajar di kampung inggris pare sana. Mulai dari luar kota, bahkan sampai luar jawa. Selain itu, kampung inggris sendiri memang menjadi tempat kawasan belajar bahasa inggris yang terintegrasi. Jadi, jangan heran, ketika kalian berkunjung kesana, kalian akan menemukan banyak orang-orang dari berbagai suku di sana.

4. Alat Transportasi Yang Digunakan Para Siswa adalah Sepeda

Sebenarnya tidak semua para siswa disana memakai alat transportasi menggunkan sepeda. Hanya saja, memang kebanyakan mereka para siswa disana memakai sepeda untuk alat transportasinya. Selain itu, disana juga banyak sekali tempat untuk penyewaan sepeda, yang dimana mereka para siswa tidak perlu bingung-bingung harus mencari sepeda dimana. Nah, untuk penyewaan sepeda sendiri disana hanya di tarik dengan harga Rp. 80.000 sampai Rp. 200.000 per-bulannya lho. Gimana, sangat murah bukan? Harga yang sangat bermasyarakat untuk isi kantong saku kalian.

5. Banyak Lembaga-Lembaga Kursus Disana

Tidak hanya satu atau dua lembaga kursus yang ada disana. Tetapi, banyak sekali lembaga-lembaga kursus bahasa inggris yang sudah berdiri disana. Untuk jumlahnya sendiri mencapai ratusan lembaga kursus yang ada di kampung inggris pare. Meskipun sudah lama berdiri, hampir sekitar 40 tahun lalu hanya terdapat 1 lembaga kursus bahasa inggris, sekarang saat ini sudah ada kurang lebih hampir 300 lembaga kursus bahasa inggris yang bisa kalian temukan disana.

6. Suasana Yang Benar-Benar Sangat Mendukung Untuk Belajar

Selain suasana yang asyik dan menyenangkan, ternyata di kampung inggris sendiri sangat mendukung sekali lho untuk kalian belajar bahasa inggris. Karena, disana banyak lembaga-lembaga kursus yang menyediakan camp untuk kalian. Jadi, jangan takut konsentrasimu terganggu saat belajar bahasa inggis disana. Di camp juga kalian bisa saling berdiskusi dengan teman-teman kalian tentang bahasa inggris. Karena, nantinya kalian akan mendapatkan banyak sekali materi yang harus kalian pelajari, seperti materi Belajar IELTS, Belajar TOEFL, Belajar Grammar, dsb. Jadi, sebisa mungkin manfaatkan waktu luang kalian untuk berdiskusi dengan teman-teman kalian.

Tapi sih ya itu, jika kalian ingin kursus disana, mimin sarankan sih untuk datang minimal 2 atau 3 hari sebelum masa belajar dimulai. Terutama ketika kalian mengambil tempat kursus yang tidak meyediakan tempat camp. Supaya disana bisa ada waktu buat kalian untuk mencari tempat kost.

Nah, itulah tadi beberapa fakta menarik seputar kampung inggris pare. Jika kalian ingin belajar disana, persiapkan dahulu dirimu, cari tau dahulu mengenai tempat kursus yang ingin kalian gunakan buat belajar disana, mulai dari camp, harga kursus, fasilitas yang didapatkan, dsb.

Demikan artikel tentang fakta-fakta menarik di Kampung Inggris Pare, Kediri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian mencari informasi tentang kampung inggris di pare. Dan, Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image