Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

LP3H Yayasan Matahari Serahkan Sertifikat Halal UMK Kota Langsa

Eduaksi | Friday, 07 Oct 2022, 19:09 WIB
Direktur LPPPH Yayasan Matahari Pujo Basuki bersama UMK binaan di Kota Langsa. (Dokumentasi pribadi)

LANGSA - Lembaga Pendamping Proses Produksi Halal (LP3H) Yayasan Matahari, Aceh, menyerahkan Sertifikat Halal perdana bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Langsa yang mengajukan sertifikasi dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare) Program SEHATI22.

Penyerahan Sertifikat Halal kepada UMK tersebut dilakukan oleh Direktur Yayasan Matahari Pujo Basuki kepada Siska Marlina, UMK Bunda Rengginang dan Nur Aii, UMK Terasi Pintoraseuki kota Langsa, Rabu, (05/10/2022).

“Alhamdulillah hari ini kita bisa menyerahkan Sertifikat Halal perdana bagi UMK yang mengajukan sertifikasi melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare) di tahun 2022. Saat ini baru ada dua Sertifikat Halal self declare yang sudah terbit untuk UMK di Kota Langsa. Lainnya masih proses.” ungkap Pujo.

Lebih lanjut Pujo berharap, “mudah-mudahan dengan penyerahan sertifikat halal ini dapat mendorong pelaku usaha lain untuk segera melakukan pendaftaran sertifikasi halal, dan menjadi motor motivasi bagi pendamping proses halal untuk segera gercep (gerak cepat) di lapangan, mendampingi, menginput, dan mendaftarkan data para pelaku usaha ke dalam aplikasi SIHALAL” imbuhnya.

Pujo menambahkan, di tahun ini BPJPH memberikan fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) sebanyak 25 ribu kuota untuk tahap 1 ditambah 300 ribu kuota di tahap 2.

Saat ini lanjut Pujo, pihaknya dan para pendamping tengah mengupayakan percepatan proses sertifikasi halal untuk dapat diakses lebih mudah dan cepat bagi UMK di Aceh melalui mekanisme self declare agar yang dapat disertifikasi lebih banyak lagi.

“Kerja sama BPJH, LP3H Yayasan Matahari dan stakeholder terkait juga dilakukan untuk akselerasi, sehingga jumlah penerbitan sertifikat halal dapat meningkat secara signifikan,” tuturnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image