Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

Peran Penting Mahasiswa dalam Jurnalistik Berkolaborasi Bersama WATCHDOC

Edukasi | Thursday, 06 Oct 2022, 12:04 WIB
Seminar Jurnalistik IMM FT UMJ berkolaborasi dengan WATCHDOC, pada rabu, 05 Oktober 2022. Dok. Humas FTUMJ

Jakarta – Kebebasan pers merupakan hak manusia sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan memperoleh informasi guna meningkatkan kualitas manusia di tengah-tengah masyarakat. Dalam rangka itu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Seminar Jurnalistik bertajuk media. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Djoeanda Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Acara yang bertemakan “Peran Jurnalistik dalam menggerakkan literasi media” di hadiri oleh peserta dari berbagai kampus dan jurusan yang ada.

Dalam acara ini panitia memiliki harapan agar mahasiswa bisa mengambil peran penting dalam dunia media saat ini sehingga jurnalistik menjadi elemen penting demi meningkatkan mutu mahasiswa demi perkembangan media sekarang. Acara yang berlangsung luring ini berkolaborasi dengan salah satu media jurnalistik besar yang ada di Indonesia yaitu Watchdoc. Dalam kolaborasi tersebut pihak Watchdoc memberikan materi terkait literasi jurnalistik kepada seluruh peserta yang hadir di Aula Djoeanda. Pemateri pada siang itu diisi oleh Harry Maulana W selaku Reporter dan Videographer Wathcdoc.

Pemaparan materi media dan Jurnalistik oleh Harry Maulana W dalam seminar Jurnalistik IMM FT UMJ. Pada 05 Oktober 2022. Dok Humas FT UMJ.

“Acara kali ini adalah acara Seminar luring IMM pertama yang dihadiri oleh mahasiswa FT UMJ & perwakilan dari HMJ atau kampus lainnya secara masif setelah bangkitnya dari pandemi Covid-19. Di lihat dari peserta yang hadir dapat saya simpulkan bahwa mahasiswa ternyata tertarik dengan pembahasan-pembahasan yang berkaitan dengan media, mengingat juga antusiasme para pemuda pengguna sosial media yang mengalami peningkatan ketika pandemi sedang tinggi-tingginya.” Ucap Faishal Ikhsanudin selaku Ketua Umum IMM FT-UMJ.

Faishal sendiri menambahkan bahwa harapannya dengan diadakannya acara ini adalah agar mahasiswa FT UMJ(Khususnya kader IMM FT UMJ) melek terhadap literasi dan media, mengingat media pada saat ini adalah platform yang optimal untuk bersuara. Dengan media, gagasan-gagasan yang dimiliki oleh seorang mahasiswa mudah tersampaikan dan dibaca oleh khalayak masyarakat. Ini adalah salah satu tugas besar mahasiswa untuk mengambil perannya. Karena mahasiswa, dituntut untuk berperan, bukan baperan.

“Seminar Jurnalistik hari ini keren. IMM bisa bersinergi dengan watchdoc yang kemudian bisa membagikan ilmu dan pengalamannya seputar ilmu kejurnalistikan. Dengan mengikuti kegiatan ini, saya jadi lebih bersemangat untuk bisa menuangkan ide, gagasan, maupun keresahan saya dalam bentuk karya. Yang kemudian bisa jadi manfaat bagi public.” Ucap Sabil salah satu peserta seminar jurnalistik dari Jurusan Teknik Industri.

Baca Juga : Lulusan D3 OAB Siap kerja melalui Campus Hiring : Great Mechanic Development Program oleh PT Nipindo Primatama

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image