Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image
Lapas Pemuda Plantungan KEMENKUMHAM
Info Terkini | Monday, 03 Oct 2022, 11:38 WIB
Foto: Humas Lapas Pemuda Plantungan Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Plantungan – Hari ini, Lapas Pemuda Plantungan Menggelar Kegiatan rutin Saka Taruna Bumi Sebagai Sarana Pembinaan Kepribadian dan Kemandirian WBP, Senin (03/10)

Dikutip dari AD ART Gerakan Pramuka, pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Sedangkan Satuan Karya Pramuka (Saka) merupakan satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Bertindak sebagai instruktur dalam kegiatan kali ini yaitu Eko Siswanto, S.H. Selaku Kepala Sub Seksi Perawatan dan juga satu orang CPNS, Ilham Dhiyaulhaq.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan dilanjutkan dengan sesi materi mengenai Pengenalan Saka Taruna Bumi, Sejarah Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan dan juga Kode Kehormatan Gerakan Pramuka.

“ Berdirinya Saka Taruna Bumi ini tidak semudah yang di bayangkan, dulu kita sempat berdiskusi terlebih dahulu saka apa yang cocok disini kemudian Saka Taruna Bumi lah yang pas. Kegiatan ini menjadi sarana pembinaan Kepribadian dan Keterampilan Warga Binaan. Kedepannya kita akan banyak praktik tentang pertanian dan perkebunan nanti di awali dari pembibitan,” Ujar Eko Siswanto dalam sesi materi.

Selain materi tentang SAKA, WBP juga di tekankan untuk selalu berbuat baik dan juga mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Kode Kehormatan Pramuka, khususnya kita pramuka penegak yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. Jika kita membaca dan memahami Tri Satya dan Juga Dasa Darma itu merupakan perbuatan perbuatan yang mulia, saya harap kita bisa mengamalkan isi dari Tri satya dan Dasa Darma Sebagai bekal hidup kita,” Ujar Ilham Dhiyaulhaq dalam sesi materi.

Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib serta WBP antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap hari Senin dan Rabu.

(Tim Humas Lapas Pemuda Plantungan)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image