Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Andre Hariyanto

Silaturahmi Nasional Gelar Solidaritas tuk Menuju Transformasi Suara Utama

Kabar | Sunday, 02 Oct 2022, 17:10 WIB
Foto: Dok. Pribadi. Silatnas Suara Utama Wujud Hadirkan Penulis Produktif. Mas Andre Hariyanto

YOGYAKARTA - Perkumpulan penulis milenial lintas nasional berkumpul dan berdiskusi ringan tapi berbobot dalam gelaran Silaturahmi Nasional (SILATNAS) pada acara yang bertemakan "Perkuat Kesolidan Menuju Transformasi Suara Utama" yang diselenggarakan melalui aplikasi WA Group dan Google Meeting, Minggu (02/10/2022).

Helatan ini menghadirkan pembicara Fathin Robbani Sukmana seorang penulis buku dan aktif menulis di media nasional dalam kajian sebut saja media seperti: Republika, Detik, Viva, Suara, Kumparan, Kompas, Jawa Pos dan media lainnya.

"Dalam rangka mempererat dan memfasilitasi masyarakat dalam menulis, Suara Utama berupa memberikan tips dan cara dalam kepenulisan dan jurnalistik, termasuk memanfaatkan media dalam mencari peluang," ujar Mas Andre Hariyanto selaku Pimpinan Suara Utama sekaligus Owner Lembaga AR Learning Center.

Foto: Dok. Pribadi. Silatnas Suara Utama Wujud Hadirkan Penulis Produktif. Mas Andre Hariyanto

Momentum ini berjalan dengan penuh khidmat dihadiri belasan penulis pemula maupun berpengalaman dari Sabang sampai Merauke. Diketahui, Suara Utama adalah wadah belajar bagi masyarakat dalam mengembangkan bakat menulis, membaca, dan bergerak di dunia ke-jurnalistikan.

Dalam kesempatan ini, Bendahara Umum Taklim Jurnalistik periode 2017 - 2018, Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bekasi, Eks Pemimpin redaksi www.dapurpena.com sekaligus Redaktur Senior Suara Utama mengungkapkan media ini sudah memiliki jaringan luas, tergabung dari jaringan AR Learning Center, Dapur Pena, Taklim Jurnalistik. Saat ini suara utama harus menjadi media besar hanya saja masih belum kuat.

Foto: Dok. Pribadi. Silatnas Suara Utama Wujud Hadirkan Penulis Produktif. Mas Andre Hariyanto

"Suara Utama sudah harus bisa kerjasama agar lebih maksimal seperti instansi dan sebagainnya. Karena Suara Utama sudah dikenal masyarakat, ini bagaimana media ini menjadi melahirkan profesional dan jejaring luas, orang - orang sudah mengenal kita. Ini jadi catatan penting," jelas Fathin demikian sapaan akrabnya

Kesempatan jalin kerjasama, Suara Utama bisa saling komunikasi dan menjadi maksimal dan jejaring dan menerima rilis dari berbagai manapun. Dengan kekuatan ini menjadi media besar. Saat ini media besar menjalin kerjasama instansi, dan semua orang membutuhkan. Kesempatan ini dimaksimalkan dan sosial kreatifikas di sosial media.

"Kita bisa bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. Brand Suara Utama dan jejaring harus kuat," tegasnya.

"Saat ini diharapkan, Suara Utama harus lebih produktif lagi. Dan Suara Utama harus besar lagi dengan visi misi yang sama sehingga terwujudkan," ucapnya.

Bagaimana cara mendapatkan, tambah Fathin, produksi artikel 1 hari minimal 90 artikel. Selanjutnya perluas jaringan melalui pelatihan dan kerjasama. Perkuat kapasitas internal. Terakhir manajemen harus rapih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image