Marciana Minta ASN Kanwil Kemenkumham NTT Terus Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Image
Humas Kumham NTT
Kabar | Saturday, 01 Oct 2022, 09:25 WIB

Kupang - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT berlangsung khidmat dan lancar di Halaman Kantor Wilayah, Sabtu (1/10/2022). Upacara tidak hanya diikuti jajaran Kanwil, tapi juga para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kota Kupang beserta jajaran. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone bertindak sebagai Inspektur dalam upacara yang dimulai tepat pukul 07.00 WITA ini.

ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT se Kota Kupang Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Wilayah dengan mengenakan pakaian Korpri Lengkap

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Marciana memimpin seluruh jajaran untuk bersama-sama mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan yang gugur karena melindungi Pancasila.

Marciana kemudian membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara. Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Naskah Ikrar. Sebelum ditutup, upacara diisi pembacaan doa Andhika Bhayangkari.

Ditemui usai upacara, Marciana berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT agar memaknai Pancasila dengan baik. 1 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari Peristiwa G30S/PKI yang menyebabkan gugurnya 7 Perwira TNI AD pada saat melaksanakan tugas melindungi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

"Hari ini kita merayakan Hari Kesaktian Pancasila, maka maknai Pancasila itu dengan baik, diwujudnyatakan dalam kepribadian kita serta dalam implementasi tugas dan fungsi sebagai ASN di Kemenkumham," ujarnya.

Marciana menambahkan, para pahlawan revolusi telah memperjuangkan Pancasila hingga nyawanya direnggut. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus berkewajiban untuk terus menghidupkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dimana pun berada. (Humas/rin)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image