Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Kumham NTT

Marciana Minta ASN Kanwil Kemenkumham NTT Terus Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

Kabar | Saturday, 01 Oct 2022, 09:25 WIB

Kupang - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT berlangsung khidmat dan lancar di Halaman Kantor Wilayah, Sabtu (1/10/2022). Upacara tidak hanya diikuti jajaran Kanwil, tapi juga para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Kota Kupang beserta jajaran. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone bertindak sebagai Inspektur dalam upacara yang dimulai tepat pukul 07.00 WITA ini.

ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT se Kota Kupang Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Wilayah dengan mengenakan pakaian Korpri Lengkap

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Marciana memimpin seluruh jajaran untuk bersama-sama mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan yang gugur karena melindungi Pancasila.

Marciana kemudian membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara. Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Naskah Ikrar. Sebelum ditutup, upacara diisi pembacaan doa Andhika Bhayangkari.

Ditemui usai upacara, Marciana berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT agar memaknai Pancasila dengan baik. 1 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari Peristiwa G30S/PKI yang menyebabkan gugurnya 7 Perwira TNI AD pada saat melaksanakan tugas melindungi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

"Hari ini kita merayakan Hari Kesaktian Pancasila, maka maknai Pancasila itu dengan baik, diwujudnyatakan dalam kepribadian kita serta dalam implementasi tugas dan fungsi sebagai ASN di Kemenkumham," ujarnya.

Marciana menambahkan, para pahlawan revolusi telah memperjuangkan Pancasila hingga nyawanya direnggut. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus berkewajiban untuk terus menghidupkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dimana pun berada. (Humas/rin)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image