Dimuliakan atau Dihinakan

Image
Terry Arya Viratama
Eduaksi | Friday, 30 Sep 2022, 11:11 WIB
Doc: SMPIT Thariq bin Ziyad

Sekolah pada hakikatnya adalah miniatur kehidupan, apa yang seseorang rasakan dan alami di sekolah, sedikit banyak memberikan gambaran akan hal yang sedang dan akan dia hadapi di kehidupan realitanya.

Ketika seseorang mendaftarkan diri pada sekolah kehidupan, dia akan mendapatkan kartu tanda siswa yang menunjukan kelas dan posisinya di sekolah kehidupan tersebut. Segala bekal pendidikannya sudah sangat lengkap diberikan oleh Sang Pencipta. Apa yang dia butuhkan untuk belajar dan meraih prestasi terbaiknya sudah disiapkan dan tak lupa, dibekali dengan buku petunjuk super lengkap yang akan memandunya selama masa pendidikan di sekolah kehidupan tersebut.

Dia akan bertemu dan berinteraksi dengan berbagai macam siswa dengan karakteristik yang beragam. Dia akan bertemu dengan para guru yang senantiasa memberikan pengajaran dan pendidikan, serta memandunya agar tidak tersesat dan menyimpang dari tujuan awalnya memasuki sekolah kehidupan. Itu semua akan membangun kepribadian dan menempa karakteristiknya menjadi siswa yang berprestasi bila dia bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya, dan bergaul dengan teman yang tepat.

Tak lupa, segala macam pengetahuan yang dia perlukan akan dia pelajari sedikit demi sedikit. Dia akan belajar dari temannya, dari gurunya, dari lingkungannya tentang berbagai hal yang memuaskan rasa ingin tahunya. Sesekali akan ada ujian kecil yang terkadang membuatnya tersenyum maupun bersedih yang memberikan sedikit rasa dalam petualangannya dalam sekolah kehidupan tersebut.

بِالاِمْتِحَانِ يُكْرَمُ المَرْءُ أَوْ يُهَانُ

"Dengan Ujian, Seseorang Dimuliakan atau Dihinakan"

Tidak ada tujuan dari ujian melainkan untuk memberikan sedikit percikan semangat untuk belajar lebih. Mereka yang semangat dan bersungguh sungguh dalam mempersiapkan ujiannya, tentunya akan bisa tersenyum lebar ketika berhadapan dengan permasalahan yang telah dikuasainya, dan akan tersenyum lebih lebar lagi ketika mendapatkan hasil yang memuaskan dan mendapat kemuliaan naik tingkat dari sebelumnya. Namun mereka yang hanya bisa mengeluhkan keadaan, tanpa mau mencari jalan keluar, menggerutu dan menjadikan berbagai persoalan kehidupan yang terlampau sulit untuk dihadapi, dapat dipastikan hasilnya, dan tak dapat dielakan, bahwa dia sendirilah yang telah menyeret dirinya sendiri dalam kehinaan yang menyedihkan.

Doc: SMPIT Thariq bin Ziyad

Akhirnya, memberikan kesadaran pada anak didik tentang hakikat ujian itu sendiri akan memberikan perspektif yang berbeda dan semangat dalam menghadapinya. Kejujuran yang juga merupakan nilai yang dijunjung tinggi dalam ujian sejatinya juga merupakan nilai universal yang menjadi tolak ukur keberhasilannya dalam kehidupan kelak. Segala macam persiapan dan materi yang dipelajari pun pada hakikatnya bukan hanya digunakan untuk ujian semata, melainkan untuk menghadapi kehidupannya kelak yang bisa jadi lebih kompleks dari ujian di sekolah.

Kemuliaan yang didapatkan dari ujian tersebut, sejatinya adalah apresiasi sementara untuk memantik semangatnya, karena apresiasi paripurna akan ia dapatkan selepas lulus dari ujian kehidupan dengan hasil yang memuaskan. Namun kehinaan yang ia dapatkan bila bermain main dengan ujian, sedikit banyak akan memberikan dampak yang mempengaruhi semangatnya dalam menghadapi kehidupan selanjutnya. Wallahu a'lam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pengajar dan Pembelajar Al Quran

Mengemis Cinta Rabb

Guru Penggerak, Berinovasi dan Menginspirasi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image