5 Manfaat fomo yang wajib diketahui, salah satunya adalah kolaborasi konten

Image
Silvia Putri
Teknologi | Wednesday, 28 Sep 2022, 20:51 WIB

Kolaborasi Konten - Kebanyakan orang beranggapan bahwa FoMo merupakan akibat dari terlalu banyak bermain Gadget. Padahal, itu hanya dari satu sisi saja yaitu sisi Negatif. Seperti halnya menyelesaikan suatu masalah, kita juga harus tahu dari sisi yang berseberangan bahkan pendapat-pendapat lain-nya. Fenomena ini seharusnya dapat diluruskan. Sebaiknya, kita dapat memperhatikan dan berdiskusi singkat bahwa FoMo bukan hanya berdampak Negatif tapi juga memiliki banyak dampak Positif yang wajib di Highlight.

What is FOMO?

Sebelum itu, apa sih FOMO dan kenapa orang-orang yang kecanduan gadget dibilang FOMO?

FOMO adalah singkatan dari 'Takut Ketinggalan. Sehingga dapat disimpulkan kata FOMO bermaksud untuk mendeskripsikan anak-anak zaman now yang selalu meniru apa saja yang dilakukan oleh idolanya di media sosial. Mulai dari Pakaian baru, Makeup terbaru, skin care, bahkan kegiatan-kegiatan seperti yang ramai di media social TikTok, dance ala tiktokers.

Kegiatan-kegiatan tersebut jika dilakukan secara terus menerus memang akan berakibat buruk. Akan tetapi, jika dilihat dari kaca mata yang lebih lebar. Bukankah ini adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan berkreativitas lebih. Contoh dari dampak baik adanya fenomena FOMO adalah berlomba-lomba menciptakan trend. So, is it good or not?

Melihat Fenomena FOMO dari berbagai sudut dapat membuka pemikiran dan kaca mata kamu menjadi lebih luas. Sehingga yang terlihat selalu hal-hal terbaik dan menguntungkan. Berikut adalah Manfaat Fenomena FOMO

Kolaborasi Konten dan manfaat lainnya dari Fenomena FOMO

Kolaborasi Konten

Beberapa waktu lalu ada acara Indonesia Brand Forum yang menghadirkan berbagai macam brand di Indonesia yang saling berkolaborasi satu sama lain. Satu hal pribadi dari saya sebagai penulis dan pekerja Digital pastinya, Content is the king, as always right!

Melihat para pemegang brand yang mau saling berkolaborasi satu sama lain, menciptakan new trend yang menargetkan bukan hanya dari satu kalangan tapi juga kalangan lainnya. Hal tersebut adalah metode marketing yang cocok dan keren untuk diterapkan pada masa saat ini.

Brand tersebut mungkin memiliki target audience yang bertolak belakang akan tetapi dengan adanya kolaborasi maka muncul pembeli-pembeli baru. Sehingga hal ini dapat meningkatkan penjualan dan bahkan menarik audience yang bukan target awalnya perusahaan.

Secara bisnis hal itu baik, apalagi secara pribadi atau sebagai rakyat penikmat diskon. Dengan adanya kolaborasi ini akan membuat siapapun merasa happy. Sebab biasanya ada sistem paket yang ditawarkan atau diskon khusus. Contohnya seperti IndiHome dengan Netflix, Disney+ Hotstar, WeTV, Mola TV, Vidio, CatchPlay+ dll. Ada juga contoh dari sisi fashion misalnya Dior dengan Nike. Atau lokal brand seperti skincare yang berkolaborasi dengan artis korea.

Membangun Network

Membangun Networking itu penting di zaman Now. Semua orang dituntut untuk dapat berkenalan dengan banyak orang dari satu generasi ke generasi. Dari kalangan artis, pebisnis bahkan profesional sekalipun. Kenapa ? Karena dengan begitu akan ada banyak yang bisa didapatkan.

Berlomba-lomba Menciptakan Tren

Seringkali menggunakan media sosial membuat pikiran menjadi lebih kreatif. Apalagi jika konten tersebut bukan hanya dari dalam negeri tapi juga di luar negeri. Sehingga sayang sekali jika tidak diuji, ditiru ataupun di edit dan reload ulang sesuai dengan ciri khas masing-masing. Biasanya hal ini dapat menjadi tren baru yang dikagumi. Contoh yang paling besar akhir-akhir ini adalah Citayam Fashion Week.

Ide bisnis

Siapa bilang FoMo hanya merugikan waktu dan uang kalian? Konten masak-masak di YouTube sering kali menjadi ide bisnis yang menguntungkan bagi sebagian orang. Bagaimana cara mendapatkan ide tersebut, cara selalu aktif untuk tahu apa saja makanan yang sedang hits sekarang. Contohnya adalah aplikasi makan/jajanan online yang terus-menerus menciptakan tren makanan terbaru. Menu enak, mudah didapatkan dan murah karena fitur diskon yang dapat dimanfaatkan.

Menciptakan Lapangan Kerja

This is the last but not least, Ketika kamu membangun bisnis. Dan bisnis tersebut menargetkan generasi milenial ke bawah. Maka internet adalah kuncinya. Internetnya Indonesia memang belum secepat dan secanggih negara tetangga, akan tetapi kecepatanya tentu masih dapat meningkatkan bisnis. Sehingga lambat laun kamu dapat menciptakan lapangan kerja. Contoh paling mumpuni adalah Ariefmuh. Melalui internet bisnisnya meroket tajam bahkan personal brandingnya menjadi lebih kuat.

Jadi singkat cerita, penggunaan internet terbaik merujuk pada orang-orang yang dapat melihat sisi positif dan negatifnya dampak perubahan zaman. Dengan kecanggihan teknologi hidup lebih dipermudah sehingga kita dapat mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Karena itu, penting sekali untuk tidak menyebarkan hal-hal yang hanya bersifat jelek. Segala sesuatu selalu ada sebab-akibat dan jangan mau memandang aapun dari sebelah mata.

Foto: Canva - Design by Penulis

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Observer, Reader, Listener, Storyteller, Traveler Food Lover

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

9 Mahasiswi Magister Kebidanan Ikuti Program IPP ke Inggris

Image

INDONESIA MASUK DALAM DAFTAR WISATA HALAL TERBAIK DIDUNIA

Image

Download Video YouTube ke Lagu MP3 Gratis 2022 YTMP3

Image

Karutan Prabumulih Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022

Image

Jadi Negara Arab yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Fakta The Lion Atlas

Image

Kebijakan Fiskal Dalam Perspektif Islam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image