Dakwah Itu Candu

Image
Rizal Solihin
Agama | Monday, 26 Sep 2022, 13:12 WIB
Sumber Gambar : pecihitam.org

Urus saja diri sendiri, jangan urusin hidup orang, si yang paling malaikat, kalau ceramah di atas mimbar aja, an**ng, b**i, sok suci,si yang paling bener

Yup kalimat-kalimat yang tidak ingin disandarkan kepada setiap insan yang berakal. Namun, mudah dilontarkan oleh sebagian orang yang masih salah dalam memahami arti cinta dan kewajiban sebagai seorang yang memiliki nurani.

Suatu keunikan yang sering kita jumpai ketika melihat seorang yang peduli dengan orang lain, yang mengorbankan waktunya, yang membuang energinya untuk mengajak orang lain ke jalan yang ia anggap benar tanpa mengharapkan imbalan, pujian, ataupun sebuah senyuman. Yaa merekalah para pendakwah. Mereka pun melakukan itu bukan tanpa alasan belaka.

Memanglah setiap jiwa yang berada di muka bumi ini tidak terlepas dari kesalahan dan dosa kecuali mereka yang ma'shum (para Nabi & Rasul). Mereka yang tidak mewariskan apapun kepada kita kecuali ilmu.

Dakwah adalah kalimat yang mempesona dan memiliki candu bagi setiap mereka yang telah mengikrarkan syahadat disertai dengan keimanan. Ia adalah eksistensi juga kewajiban bagi setiap muslim, bukan hanya untuk mereka yang menggunakan songkok atau berkerudung panjang, juga tidak hanya terealisasi di dalam masjid atau pun di atas mimbar. Mereka memberi nasihat bukan berarti mereka sudah sempurna, bukan berarti mereka sudah bebas dari dosa mereka hanya berusaha untuk menjadi lebih baik, sebagaimana yang telah Raab mereka kabarkan dalam firman-Nya QS. Fushshilat ayat 33 :

{ومن أحسن قولا ممن دعآ الى لله}

“Dan siapakah yang perkataannya lebih baik daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengajak kepada kebaikan, mengajak meninggalkan kemungkaran”(QS.Fushshilat).

Sisanya terserah pada kalian. Ingin tetap berada pada kemungkaran atau beranjak pada arah kebaikan. Masalah hujatan, hinaan, dan cacian, itu sedikit pun tidak berpengaruh untuk mereka. Karena hinaan tidak akan membuat mereka tumbang dan pujian tidak akan pernah membuat mereka terbang.

Karena bukan itu yang mereka cari.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah, Sukabumi, Jawa Barat

Asing Di Rumah Sendiri

Dakwah Itu Candu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image