Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Kolaborasi Dosen Pendidikan Fisika dan Budidaya Perairan Unismuh Makassar Beri Edukasi Budidaya Nila

Info Terkini | Monday, 26 Sep 2022, 10:15 WIB
Kolaborasi dosen Pendidikan Fisika dan dosen Budidaya Perairan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKEP – Kolaborasi dosen Pendidikan Fisika dan dosen Budidaya Perairan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep.

Kegiatan yang diadakan beberapa waktu lalu itu dikemas dalam bentuk penyuluhan bagi kelompok tani Chanos Jaya dan masyarakat sekitar. Bertempat di lokasi tambak kelompok tani Chanos Jaya, kecamatan Labakkang, kabupaten pangkep.

Kegiatan PkM ini diikuti oleh 21 orang peserta yang terdiri dari ketua, anggota kelompok tani Chanos Jaya, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar tambak.

Ketua Tim PkM Dewi Hikmah Marisda mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian dosen Unismuh Makassar dalam upaya mengedukasi dan memasyarakatkan kegiatan budidaya ramah lingkungan dan hemat listrik melalui Penerapan teknologi Jet Aerasi dalam budidaya Nila.

Dalam kegiatan itu, seluruh narasumber berasal dari dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Makassar dari dua prodi berbeda yang terdiri dari Dewi Hikmah Marisda (Pendidikan Fisika) dan Farhanah Wahyu (Budidaya Perairan).

Materi yang disampaikan yakni aplikasi konsep pipa ventury pada teknologi Jet aerasi dalam menghasilkan gelembung-gelembung kecil (oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan Nila. Selain itu ada pula materi teknis pelaksanaan budidaya, penyakit dan hama yang bisa saja terjadi pada kegiatan budidaya yang diberikan oleh dosen budidaya perairan.

Peserta penyuluhan yang hadir dalam kegiatan PkM ini memberikan apresiasi dan respon positif yang cukup besar terhadap materi yang diberikan. Salah satu peserta mengatakan sangat senang mendapatkan ilmu budidaya dan pengenalan alat Jet Aerasi yang dapat meminimalkan penggunaan pakan, sehingga mengurangi biaya budidaya, dan akan mendatangkan untung yang lebih besar.

Adapun tujuan dari kegiatan PkM yaitu memberikan solusi dari permasalahan mitra (kelompok tani Chanos Jaya) dalam bidang produksi dan manajemen, khususnya borosnya penggunaan pakan dan borosnya biaya listrik dalam melakukan budidaya Nila.

Kegiatan PkM ini juga melibatkan dua orang mahasiswa yang terdiri dari satu orang mahasiswa prodi Pendidikan Fisika dan satu orang mahasiswa prodi budidaya perairan. Kedua mahasiswa yang terlibat tersebut akan direkognisi mata kuliahnya sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah dengan kegiatan PkM ini.

(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image