Lomba Tulis 27th Republika.co.id 'Menjadi Utuh Bagi Masyarakat'

Image
Fatoni Prabowo Habibi
Lomba | Thursday, 22 Sep 2022, 23:45 WIB

Hidup bersosial dan hidup bermasyarakat adalah dampak dari hidup menjadi manusia. Kerapkali kita terpaku dengan diri sendiri, hingga lupa pada keadaan sekeliling. Terlebih lagi, manusia Indonesia tergolong saling peduli dan ingin menjadi bermanfaat bagi sesama. Nah, golongan ini dalam lingkup lebih luas berbentuk korporasi biasanya melakukan kepedulian sosial pada masyarakat melalui Gerakan CSR (Corporate Social Responsibility).

Dari dekat bentuk-bentuk Gerakan CSR yang selama ini dilihat masyarakat berbentuk fisik, seperti perbaikan jalan, jembatan, lampu jalan, pembuatan toilet umum, penanaman pohon baik di daerah pesisir dengan mangrove maupun menghijaukan kembali taman yang ada di permukiman masyarakat.

Namun, ada juga Gerakan CSR yang menyasar kalangan khusus bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti operasi bibir sumbing, khitanan massal, nikah massal, hingga pelatihan soft skill yang diperlukan untuk menyerap angkatan kerja dimana angka usia masyarakat produktif yang belum memiliki pekerjaan baik di sektor formal maupun informal sekitar 5 - 7 % atau antara 13,5 hingga 19 juta warga dari seluruh penduduk berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS pada tahun 2019 - 2021.

Mari saya ajak melihat lebih dekat dampak sejumlah CSR yang telah diterima masyarakat. Seringkali CSR ini tidak datang dari masyarakat, namun juga pemerintah yang dalam hal ini mewakili masyarakat yang cenderung lebih mengerti sasaran yang tepat penggunaan dana CSR.

Bila bentuk CSR adalah fisik, seringkali proses kepedulian korporasi itu sudah berhenti ketika pembangunan selesai. Lantas serah terima dengan masyarakat dianggap pengelolaan berikut perawatan juga dibebankan pada masyarakat sekelilingnya yang mempergunakan.

Bila masyarakat khusus yang menerima itu tampak wajar, dengan selesainya pelaksanaan. Selesai pula tanggung jawab sosial korporasi pada penerima. Sebab, korporasi amat menyukai data-data. Dari sejumlah kegiatan yang dapat menghasilkan pelaporan inilah yang bisa dipertanggungjawabkan korporasi pada para pemegang kebijakan perusahaan.

Oleh karena itu, dalam hemat pikir saya. Korporasi dapat menebar kebaikan secara utuh dengan menyampaikan komunikasi yang terbuka pada masyarakat. Dengan memberikan solusi konkret melalui pembangunan fisik, itu saya sepakati.

Rangkaian dari proses masyarakat, menyetujui tempat sekelilingnya menjadi area CSR, sampai masyarakat merasa memiliki dan menjaga apa yang telah diberikan lantas dititipkan korporasi inilah yang perlu di edukasi.

Bila diperlukan dalam prosesnya, korporasi memerlukan data untuk memberikan dana CSR berkelanjutan. Misal dalam proses penanaman pohon dengan korporasi mengetahui perkembangan dari waktu ke waktu. Baik tumbuh kembangnya, hingga dampak baik yang ditimbulkan bagi sekelilingnya. Maka, lakukan itu untuk memberikan pemahaman yang utuh dan layak bagi masyarakat.

Tak dapat dipungkiri, peran-peran strategis wakil rakyat dan pemerintah dalam administrasi mengawal tujuan korporasi pada CSR sangat diperlukan. Namun, pola pikir pengambilan keputusan, dampak-dampak yang ditimbulkan, hingga kelayakan tujuan korporasi atau singkatnya politik korporasi. Ini perlu disadari dengan benar oleh masyarakat. Sehingga, tidak muncul komunikasi yang tidak lancar dan sporadis antara korporasi dan masyarakat.

Kita harus kembali mengingat, sebagai upaya introspeksi diri dengan sering menyatakan dalam diri,

Itu sebagaimana, jika kita bersepakat untuk menebar kebaikan bagi masyarakat secara utuh.

Wallahu ‘alam bishawab. Tabik.

Warungasem, Batang | 22 September 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Designer, Writer, TravelerLahir di Pekalongan, Bermukim di Batang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Image

Sepakat dengan Menhan Prabowo Dukung Kriteria Calon Taruna

Image

Dari Gunungkidul ke Solo, SMA Muhammadiyah Al Mujahiddin Jalin Kerjasama dengan UMS

Image

Pelatihan Persyaratan dan Pengenalan serta Dokumentasi ISO 9001:2015 MPP Grobogan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image