Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Kerja Sama Pertahanan Indonesia dengan Spanyol Semakin Kuat

Info Terkini | Thursday, 22 Sep 2022, 21:13 WIB

Bak gula, pasti dihampiri semut. Indonesa sering dikunjungi dan negara maju dan berkembang. Soal apa ? soal jalin kerja sama antar negara.

Ini perlu kita apresiasi sebagai masyarakat Indonesia kepada kinerja para pimpinan negeri ini dalam melakukan tugasnya. Artinya masyarakat Indonesia yang memiliki pemikiran positif bahwa bangsa kita memegang teguh tali silaturahmi.

Info terbaru Duta Besar Kerajaan Spanyol mendatangi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Kedua pejabat negara ini membicarakan kerja sama pertahanan negara. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kerajaan Spanyol Francisco de Asis Aguilera Aranda di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Mengawali pembicaraan pada pertemuan tersebut, Prabowo menegaskan pentingnya Spanyol bagi Indonesia dalam kerja sama pertahanan.

“Saya berharap, hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Spanyol semakin kuat di masa mendatang,” ujar Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Sebagai informasi, Indonesia dengan Spanyol telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1958.

Kerja sama di bidang pertahanan telah dipertegas dengan nota kesepahaman antara Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol di Jakarta yang diteken pada 13 Februari 2013 dan disahkan pada 2018.

Selain itu, kerja sama pertahanan selama ini telah terjalin di antara kedua negara, antara lain dengan kerja sama pendidikan sejak 2012 hingga 2021.

Dalam kerja sama ini, sebanyak 19 personel militer Indonesia belajar di Spanyol.

Kemudian, kerja sama di bidang industri pertahanan yang melingkupi alat utama sistem persenjataan (alutsista) matra udara dan laut.

Prabowo menyatakan bahwa keterlibatan kedua negara dalam berbagai forum internasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, khususnya bidang pertahanan.

“Kedua negara harus mampu meningkatkan persamaan dan mengurangi perbedaan” kata Prabowo.

Sumber : Kompas.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image