Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aris Nur Ramdhani

PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PELANGGAN TERTINGGI DI JAKARTA

Info Terkini | Thursday, 02 Dec 2021, 14:50 WIB

Di era big data ini, seseorang sangat mudah memberikan penilaian sesuai dengan kepuasan yang diterima. Menurut penelitian Rosita, Marhanah dan Wahadi (2016) kepuasaan pelanggan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kualitas pelayanan dan emosional. Pada penelitian Haq dan Rachmat (2020) emosional menjadi faktor penting penentuan baik buruknya sebuah ulasan dan pemeringkatan. Salahsatu fitur yang popular adalah google review. Google review yang terintegrasi dengan google maps dan google business yang memungkinkan seseorang mengulas dan mem-posting pengalaman yang dirasakan terhadap kualitas pelayanan atau produk. Ulasan yang ada di google review cukup riil menginterpretasikan kepuasan pelanggan.

Pelayanan publik merupakan tempat yang tidak lepas dari penilaian masyarakat. Salah satunya adalah puskesmas, pelayanan publik yang berfungsi sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan pemerintah di bidang kesehatan. Masyarakat memberikan langsung penilaian terhadap pelayanan yang diterima baik pelayanan promotif, preventif maupun kuratif melalui google review.

Puskesmas Kecamatan di DKI Jakarta berjumlah 44. Berikut daftar 10 puskesmas dengan rating tertinggi di DKI Jakarta diurutkan berdasarkan skor rating masing-masing dan banyaknya jumlah ulasan.

1. Puskesmas Kecamatan Pulogadung, rating 4.7 dengan 784 ulasan

2. Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, rating 4.2 dengan 261 ulasan

3. Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, rating 4.2 dengan 101 ulasan

4. Puskesmas Kecamatan Palmerah, rating 4.1 dengan 389 ulasan

5. Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, rating 4.1 dengan 381 ulasan

6. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, rating 4.0 dengan 132 ulasan

7. Puskesmas Kecamatan Johar Baru, rating 4.0 dengan 95 ulasan

8. Puskesmas Kecamatan Cilandak, rating 3.9 dengan 271 ulasan

9. Puskesmas Kecamatan Kemayoran, 3.9 dengan 220 ulasan

10. Puskesmas Kecamatan Kembangan, 3.9 dengan 96 ulasan

(Sumber Google Review tanggal 2 Desember 2021, pukul 14.30 WIB)

Puskesmas memiliki peranan sental di masyarakat, terlebih masa pandemi seperti sekarang. Tugasnya dalam penanggulangan pandemi diantaranya preventif, deteksi dan respons. Dan yang tidak kalah penting program vaksinasi Covid-19 dimana Puskesmas menjadi leader di wilayah masing-masing menyukseskan program besar ini. Penguatan puskesmas perlu ditingkatkan dengan dukungan dari berbagai pihak guna penanggulangan pandemi dan untuk mencapai masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image