PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PELANGGAN TERTINGGI DI JAKARTA

Image
Aris Nur Ramdhani
Info Terkini | Thursday, 02 Dec 2021, 14:50 WIB

Di era big data ini, seseorang sangat mudah memberikan penilaian sesuai dengan kepuasan yang diterima. Menurut penelitian Rosita, Marhanah dan Wahadi (2016) kepuasaan pelanggan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kualitas pelayanan dan emosional. Pada penelitian Haq dan Rachmat (2020) emosional menjadi faktor penting penentuan baik buruknya sebuah ulasan dan pemeringkatan. Salahsatu fitur yang popular adalah google review. Google review yang terintegrasi dengan google maps dan google business yang memungkinkan seseorang mengulas dan mem-posting pengalaman yang dirasakan terhadap kualitas pelayanan atau produk. Ulasan yang ada di google review cukup riil menginterpretasikan kepuasan pelanggan.

Pelayanan publik merupakan tempat yang tidak lepas dari penilaian masyarakat. Salah satunya adalah puskesmas, pelayanan publik yang berfungsi sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan pemerintah di bidang kesehatan. Masyarakat memberikan langsung penilaian terhadap pelayanan yang diterima baik pelayanan promotif, preventif maupun kuratif melalui google review.

Puskesmas Kecamatan di DKI Jakarta berjumlah 44. Berikut daftar 10 puskesmas dengan rating tertinggi di DKI Jakarta diurutkan berdasarkan skor rating masing-masing dan banyaknya jumlah ulasan.

1. Puskesmas Kecamatan Pulogadung, rating 4.7 dengan 784 ulasan

2. Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, rating 4.2 dengan 261 ulasan

3. Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, rating 4.2 dengan 101 ulasan

4. Puskesmas Kecamatan Palmerah, rating 4.1 dengan 389 ulasan

5. Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, rating 4.1 dengan 381 ulasan

6. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, rating 4.0 dengan 132 ulasan

7. Puskesmas Kecamatan Johar Baru, rating 4.0 dengan 95 ulasan

8. Puskesmas Kecamatan Cilandak, rating 3.9 dengan 271 ulasan

9. Puskesmas Kecamatan Kemayoran, 3.9 dengan 220 ulasan

10. Puskesmas Kecamatan Kembangan, 3.9 dengan 96 ulasan

(Sumber Google Review tanggal 2 Desember 2021, pukul 14.30 WIB)

Puskesmas memiliki peranan sental di masyarakat, terlebih masa pandemi seperti sekarang. Tugasnya dalam penanggulangan pandemi diantaranya preventif, deteksi dan respons. Dan yang tidak kalah penting program vaksinasi Covid-19 dimana Puskesmas menjadi leader di wilayah masing-masing menyukseskan program besar ini. Penguatan puskesmas perlu ditingkatkan dengan dukungan dari berbagai pihak guna penanggulangan pandemi dan untuk mencapai masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ners, relawan, senang berbagi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Wujudkan Akuntabilitas Perencanaan Anggaran, Rupbasan Surakarta Ikuti Supervisi di Kemenkumham Jaten

Image

12 Pusat Perbelanjaan di Jateng Menerima Sertifikat dari DJKI Kemenkumham

Image

Calon Taruna Poltekip/ Poltekim Jalani Seleksi Psikotes, Ini Pesan Kakanwil A Yuspahruddin

Image

Teknik Mikrostruktur Dari Perbedaan SEM dan TEM

Image

12 Pusat Perbelanjaan di Jateng Menerima Sertifikat dari DJKI Kemenkumham

Image

Bunuh Diri dan Daya Tahan Manusia atas Masalah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image