Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Investasi Ideal Buat yang Takut Risiko Tinggi

Gaya Hidup | Wednesday, 21 Sep 2022, 10:39 WIB

Investasi apa pun tidak bebas risiko. Risiko dalam hal ini adalah kerugian. Selanjutnya berdasarkan jenisnya, risiko kerugian pun ada yang kecil ada yang besar.

Dihadapkan dengan berbagai risiko mulai dari risiko rendah hingga tinggi, tentu tetap saja ada investor yang sejatinya tidak siap dengan risiko tinggi.

Nah, menyikapi investor yang masih takut dengan risiko tinggi maka pilihannya tentu pada jenis-jenis investasi dengan risiko rendah namun dana yang diinvestasikan tetap bisa bertumpuh dan memberikan cuan.

Jadi, saat mengulas tentang risiko, sejatinya tantangan utamanya terletak pada cara mengendalikan risiko yang mungkin terjadi yakni dengan memilih investasi yang ideal. Bukannya tidak punya nyali dengan yang namanya risiko, nyali juga seyogiyanya didasarkan pada profil risiko masing-masing.

Salah satu pilihan investasi yang ideal bagi mereka yang takut dengan risiko tinggi adalah reksa dana, secara khusus reksa dana pasar uang (money market).

Produk investasi yang berkembang pesat ini bisa menjadi pilihan ideal yang dapat memastikan tujuan keuangan dengan bantuan pengelolaan dari Manajer Investasi profesional yang dipilih. Apalagi, reksa dana tak lagi sekadar instrumen investasi dan investasi sampingan, tetapi telah menjadi alat untuk mencapai tujuan keuangan.

Reksa dana pasar uang ini memiliki risiko kecil, tetapi memberikan imbal hasil yang tinggi dibanding deposito. Reksa dana ini menempatkan dana kelolaan mayoritas pada instrumen pasar uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito dan obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Karena memberikan imbal hasil yang lumayan, stabil dan fleksibel, reksa dana pasar uang ini efektif untuk alat cash management alias tempat menyimpan uang untuk jangka pendek pengganti giro dan deposito.

Sisi menariknya lagi, reksa dana pasar uang ini kini sudah sangat mudah dinikmati. So, untuk menikmati reksa dana jenis ini, investor tinggal memanfaatkan platform IPOTFund yang kini menjadi supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia.

Dengan platform yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT, investor tinggal memilih reksa dananya. Apalagi, pengguna IPOTFund kini dimanjakan dengan fitur analisis yang memudahkan investor melihat performa semua jenis reksa dana dan membandingkannya dengan benar dan akurat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image