Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Tertarik Investasi Reksa Dana? 5 Poin Penting Ini Wajib Dipahami

Gaya Hidup | Thursday, 08 Sep 2022, 10:26 WIB

Sebelum memulai untuk berinvestasi, pastinya kita sebagai calon investor ingin memiliki banyak pengetahuan tentang instrumen investasi yang nantinya akan dipilih. Tak kenal maka tak sayang dan tentunya Seperti kita tahu, ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih, salah satunya reksa dana.

Nah, setelah tahu jenisnya, kita juga harus mengetahui manfaat yang akan diterima, risiko yang harus ditanggung dan keuntungan yang bisa dibandingkan jenis investasi lainnya.

Berikut ini 5 poin penting yang sebaiknya diketahui sebelum memulai investasi reksa dana:

1. Apa sih yang dimaksud dengan reksa dana?

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi. Reksa dana dibentuk oleh Manajer Investasi dan Bank Kustodian melalui akta kontrak investasi kolektif (KIK) yang disahkan oleh Manajer Investasi yang berperan sebagai pengelola dana yang terkumpul dari sekian banyak investor untuk diinvestasikan ke dalam efek, seperti deposito, obligasi dan saham.

2. Mengapa kita harus memilih reksa dana?

Keterbatasan menjadi kata kunci mengapa investor memilih berinvestasi pada reksa dana. Keterbatasan seperti waktu, modal dan pengetahuan akan terselesaikan dengan berinvestasi pada reksa dana. Karena dikelola dengan profesional oleh Manajer Investasi dan juga dengan minimal investasi yang hanya sebesar 100 ribu, reksa dana akan semakin memudahkan kamu yang memiliki modal terbatas untuk mulai berinvestasi. Selain itu, keterjangkauan dalam investasi reksa dana menjadi daya tariknya. Dengan modal Rp100.000 saja kamu kini sudah bisa memulai investasi reksa dana.

3. Apakah ada jaminan investasi reksa dana akan menguntungkan?

Yang namanya investasi pasti ada manfaat dan risikonya. Berbicara investasi kita harus meletakkannya pada tataran potensi bukan kepastian. Selanjutnya, kita sebagai investor harus menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing dalam memilih jenis reksa dana yang akan dipilih. Ada beberapa pilihan reksa dana (RD) seperti Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham.

4. Apakah investasi pada reksa dana aman?

Reksa dana adalah produk investasi legal yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itu, legalitas reksa dana terjamin. Apalagi, dalam reksa dana terdapat dua lembaga yang menjalankan fungsi dan saling kontrol, yaitu Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Manajer Investasi berfungsi mengelola portfolio reksa dana dan Bank Kustodian berfungsi menyimpan dan mencatatkan harta Reksa Dana.

5. Bagaimana caranya memulai investasi reksa dana?

Jangan khawatir. Sudah sangat mudah. Investasi reksa dana bisa dilakukan secara online. Buat kamu yang super sibuk dan punya waktu terbatas maka bisa berinvestasi pada reksa dana dengan mudah. Pada dasarnya, reksa dana bisa ditransaksikan secara online di berbagai aplikasi investasi online dengan mudah semisal platform IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas yang kini sudah terintegrasi dalam aplikasi IPOT. Memulai investasi bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image