Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Roni Syahroni

Cara Menggunakan VPN Gratis Untuk PC

Teknologi | Monday, 19 Sep 2022, 15:08 WIB

Saat Anda mengakses suatu situs, namun disana terdapat tulisan situs diblokir atau internet positif, artinya Anda tidak bisa membuka situs bokepsin.blog menggunakan jaringan lokal. Anda membutuhkan akses jaringan ke luar negeri dengan menggunakan bantuan VPN. Cara menggunakan VPN pun cukup mudah.

Bagaimana Cara Menggunakan VPN Gratis untuk PC?

Dilansir dari simontok.uk, Ada bebera cara untuk memakai VPN, bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Simak ulasan lengkapnya hanya disini.

Cara Menggunakan VPN Gratis Untuk PC Tanpa Menggunakan Bantuan Software

Jika Anda ingin menggunakan VPN gratis di PC tanpa menggunakan software, maka sebelumnya mesti buat akun VPN PPTP terlebih dahulu. Kemudian, Anda perlu mengatur pengaturan windows, seperti berikut:

1. Silakan masuk ke menu ‘Windows Settings’, lalu klik ‘Network and Internet’.

2. Anda bisa pilih menu VPN, kemudian pilih ‘Add a VPN Connection’.

3. Isilah bagian kolom yang tersedia dengan alamat IP serta server VPN yang sudah Anda buat.

4. Kalau sudah, Anda bisa klik ‘Save’, lalu pilih ‘Connect’ agar bisa terhubung ke dalam VPN.

Nah, kini Anda sudah terhubung ke dalam VPN yang sudah dibuat. Jika ingin mengecek aktif atau tidaknya, maka bisa kunjungi whatismyip.com agar bisa melakukan pengecekan IP.

Cara Menggunakan VPN Gratis untuk PC dengan Software

Cara menggunakan VPN gratis untuk PC kedua adalah Anda bisa melakukannya dengan bantuan software, salah satunya adalah software psiphon. Nah, untuk pemakaian software psiphon ini bisa kamu lakukan melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Anda bisa download software psiphon untuk PC terlebih dahulu.

2. Jika sudah terdownload, Anda bisa buka aplikasi psiphon, lalu tentukan server yang ingin Anda pilih dan gunakan.

3. Kalau sudah memilih, Anda bisa langsung klik ‘Connect’, lalu tunggu sampai konfigurasi berhasil dilakukan.

Kalau sudah berhasil connect, biasanya Anda akan langsung diarahkan ke website resminya, lalu mulailah untuk berselancar menggunakan jaringan dari luar negeri tersebut.

Cara Menggunakan VPN Gratis untuk PC Melalui OpenVPN

Cara menggunakan VPN gratis untuk PC berikutnya bisa Anda lakukan melalui bantuan OpenVPN. Sebelumnya, Anda mesti mengunduh terlebih dahulu software OpenVPN secara gratis ke dalam PC milik sendiri.

Kalau sudah terunduh, maka instal aplikasi OpenVPN ke dalam PC, lalu mulailah untuk menggunakannya dengan cara-cara berikut ini:

1. Buka aplikasi OpenVPN, lalu klik simbol panah segitiga atau ‘Show Hidden Icons’. Kemudian, Anda bisa klik kanan di bagian icon ‘OpenVPN GUI’, dan pilih ‘Import File’.

2. Silakan buka config VPN yang sudah di download sebelumnya, lalu klik ‘Open’.

3. Nantinya, Anda akan menemukan pesan ‘File Imported Successfully’, klik ‘Ok’.

4. Selanjutnya, Anda bisa kembali ke icon ‘OpenVPN GUI’, dan pilih klik kanan serta ‘Connect’.

5. Anda dapat memasukkan username serta password akun VPN yang sudah dimiliki dan dibuat sebelumnya, klik ‘OK’.

Apabila VPN berhasil dihubungkan, maka icon wifi pada PC akan berubah menandakan Anda sudah bisa mulai berselancar menggunakan jaringan dari luar tersebut.

Dari ketiga cara menggunakan VPN gratis untuk PC diatas, Anda bisa memilih menggunakan salah satu cara paling mudah saja. Sehingga, Anda dapat langsung berselancar untuk membuka situs terblokir atau membuka aplikasi yang khusus digunakan dengan jaringan VPN.

Kesimpulan Menggunakan VPN Gratis

1. VPN digunakan jika website yang akan diakses di blokir oleh internet positif.

2. Cara pakai VPN bisa menggunakan aplikasi atapun tanpa aplikasi.

3. Selain menggunakan VPN, Anda jg bisa menggunakan proxy website

Itulah informasi lengkap mengenai cara menggunakan VPN gratis untuk PC yang bisa Anda ketahui. Setelah mengetahui hal ini, Anda dapat langsung mencoba untuk mempraktekannya, hingga VPN bisa digunakan dengan baik di PC milik Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil menggunakan jaringan dari luar negeri tersebut, ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image